PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SDN LANGON 01 KECAMATAN PONGGOK BLITAR

APRIDA LAILATUL W, 17205153267 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SDN LANGON 01 KECAMATAN PONGGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pebelajaran Kooperatif Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN Langon 01 Kecamatan Ponggok Blitar” ini ditulis oleh Aprida Lailatul Waqidah, NIM. 17205153267, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr.H.Muwahid Sulhan, M.Ag. Kata Kunci : Model Pembelajaran Koooperatif Picture and Picture, Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi dengan guru kelas VI SDN Langon 01 Kecamatan Ponggok Blitar, hasil belajar IPA sangat rendah. Hal tersebut disebabkan karena faktor guru yang hanya dijejali teori dan konsep. Dalam proses pembelajaran dikelas guru sebatas menerangkan dan siswa mendengarkan kemudian mencatat pelajaran yang diberikan. Media yang digunakan dalam pembelajaran sebatas papan tulis, tidak terdapat media tambahan lain yang mendukung proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan penelitian terkait penggunaan model Pembelajaran Koooperatif Picture and Picture.Metode tersbut biasanya sering dipakai oleh seorang guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Sehingga siswa tertarik dalam dalam mengikuti pembelajaran dan hasil belajar lebih meningkat. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN Langon 01 Kecamatan Ponggok Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dengan bentuk desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh kelas VI SDN Langon 01 Kecamatan Ponggok Blitar yang berjumlah 26 siswa. Sampel model pembelajaran Picture and Picture adalah kelas VI-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VI-B sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) hasil belajar IPA menunjukkan nilai ratarata sebesar 83,6, pada kelas eksperimen dengan kondisi belajar aktif, (2) hasil belajar IPA menunjukkan nilai rata-rata 73,6 pada kelas kontrol dengan kondisi kurang efektif. Dengan adanya model pembelajaran Picture and Picture diharapkan hasil belajar diatas standart Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan juga mampu mengkondisikan siswa menjadi aktif serta mampu melatih kemampuan bekerjasama yang baik

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153267 APRIDA LAILATUL W
Date Deposited: 06 Jan 2020 07:05
Last Modified: 06 Jan 2020 07:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14181

Actions (login required)

View Item View Item