PENGARUH METODE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK KELAS III MI MUHAMMADIYAH PLUS SUWARU BANDUNG TULUNGAGUNG

IBNU PITOYO, 17205153273 (2020) PENGARUH METODE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK KELAS III MI MUHAMMADIYAH PLUS SUWARU BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DARTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ibnu Pitoyo, 17205153273, Pengaruh Metode Numbered Head Together Kompetensi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas III MI Muhammadiyah Suwaru Bandung Tulungagung. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dita Hendriani, M.A. Kata Kunci: Metode Numbered Head Together ,Motivasi dan Hasil belajar . Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pelajaran FIKIH dianggap mata pelajaran yang membosankan bagi sebagian besar siswa. Dari persepsi tersebut banyak dampak negatif yang timbul, diantaranya rendahnya motivasi peserta didik dalam belajar FIKIH sehingga berakibat buruk juga terhadap hasil belajar peserta didik. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui ada tidaknya yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar FIKIH peserta didik di MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh metode Numbered Head Together terhadap motivasi dan hasil belajar FIKIH peserta didik kelas III MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung? (2) Seberapa besar pengaruh metode Numbered Head Together terhadap motivasi dan hasil belajar FIKIH peserta didik kelas III MI Muhammadiyah Suwaru Bandung Tulungagung?, Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah(1)Untuk menjelaskan pengaruh metode Numbered Head Together terhadap motivasi dan hasil belajar Fikih peserta didik kelas III MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung.(2)Untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh metode Numbered Head Together terhadap motivasi dan hasil belajar FIKIH peserta didik kelas III MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasy Eksperimental).Teknik sampel menggunakan purposive sampling dengan kelas III A sebagai kelas kontrol dan kelas III B sebagai kelas eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas III MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket,soal tes dan observasi. Teknik analisis data yaitu Uji hipotesis yang digunakan adalah uji Homogenitas Varian dan Homogenitas Matrik/ Covarian , yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya pengaruh metode Numbered Head Together terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji Multivariate test siswa diperoleh nilai sig (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak, sehingga ada pengaruh metode Numbered Head Together terhadap motivasi dan hasil belajar FIKIH peserta didik kelas III MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung. (2) besar pengaruh metode Numbered Head Together terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji Determinasi hasil belajar besar nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,713. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,509, yang mengandung pengertian bahwa besar pengaruh metode Numbered Head Together terhadap hasil belajar adalah sebesar 50,9%. Sedangkan motivasi belajar besar nilai korelasi/hubungan yaitu sebesar 0,341. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,116, yang mengandung pengertian bahwa besar pengaruh metode Numbered Head Together terhadap hasil belajar adalah sebesar 11,6%. Sehingga dapat disimpulkan besar pengaruh metode Numbered Head Together terhadap motivasi hasil belajar FIKIH peserta didik kelas III MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung adalah sebesar 11,6% dan 50,9 %.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153273 IBNU PITOYO
Date Deposited: 03 Jan 2020 03:00
Last Modified: 03 Jan 2020 03:00
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14173

Actions (login required)

View Item View Item