PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK

ANNIS KHANIFAH, 17201153363 (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (788kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (697kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (617kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (986kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (616kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru PAI dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Annis Khanifah, NIM. 17201153363, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih banyak peserta didik yang susah untuk mengontrol kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritualnya. Oleh karena itu berakibat menurunnya minat peserta didik dalam belajar.Hal tersebut mendorong SMK Islam 1 Durenan Trenggalek untuk menyusun beberapa program dalam rangka mengembangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual peserta didik.Sehingga peserta didik diharapkan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.Penelitian ini memberi gambaran tentang peran guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek Fokus penelitian: 1. Bagaimanakah peran guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. 2. Bagaimanakah peran guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. 3. Bagaimana implikasi peran guru PAI dalam pengembangan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual bagi peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Tujuan penelitian: 1. Untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. 2. Untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. 3. Untuk mendeskripsikan implikasi peran guru PAI dalam pengembangan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual bagi peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Metode penelitian: Pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data: observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumen. Prosedur analisis data.Teknik analisis data: Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data: Triangulasi sumber, metode dan waktu, memperpanjang pengamatan, ketekunan/keajengan pengamatan. Hasil penelitian di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek tentang peran guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik yakni berperan sebagai motivator, penasehat, model atau teladan, pembimbing, penegak disiplin dan korektor. Sedangkan dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik yaitu berperan sebagai korektor, motivator, penasehat, demonstrator, pembimbing, model atau teladan dan evaluator.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153363 ANNIS KHANIFAH
Date Deposited: 30 Dec 2019 04:19
Last Modified: 30 Dec 2019 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14165

Actions (login required)

View Item View Item