IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA MAN KOTA BLITAR

TITIK SRI HANDAYANI, 17201153359 (2019) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (639kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (796kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlak (Studi Kasus di Kelas XI MAN Kota Blitar”, ini ditulis oleh Titik Sri Handayani, NIM 17201153359, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dosen Pembimbing Dr. Muhamad Zaini, MA Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Kompetensi Pemberlakuan pendekatan ilmiah atau saintifik dianggap sebagai perkembangan dan pengembangan sikap, keterampilan dan pengetahuan. Melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi diharapkan melahirkan peserta didik yang produktif, efektif, inovatif, dan kreatif. Hal tersebut mendorong peneliti untuk terjun langsung melihat di lapangan dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana langkah implementasi pendekatan saintifik untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran akidah akhlak di MAN Kota Blitar?; (2) Bagaimana hambatan implementasi pendekatan saintifik untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran akidah akhlak di MAN Kota Blitar?; (3) Bagaimana dampak implementasi pendekatan saintifik untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran akidah akhlak di MAN Kota Blitar?. Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah: (1) Mendiskripsikan langkah implementasi pendekatan saintifik untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran akidah akhlak di MAN Kota Blitar; (2) Mendiskripsikan hambatan dalam implementasi pendekatan saintifik untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran akidah akhlak di MAN Kota Blitar; (3) Mendiskripsikan dampak implementasi pendekatan saintifik untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran akidah akhlak di MAN Kota Blitar . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskripsi studi kasus. Sumber data Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru, Siswa dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara terstruktur dan tidak terstruktur dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, menyajikan data dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan kredibiltas (pemeriksaan teman sejawat, perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi), keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN Kota Blitar pada tahun 2018/2019 yaitu mulai tahap pendahuluan sampai kegiatan akhir berjalan dengan lancar dengan langkah-langkahnya mulai dari mengamati, menanya, mengumpulkan, menalar dan mengkomunikasikan. (2) Hambatan yang dialami dari faktor guru belum ada untuk saat ini dan hanya kesulitan di awal pemberlakuan K-13 dan dari siswa mengalami hambatan dari kurang tegas guru pengajar serta dari sumber dan media belajar terkendala dari buku paket yang kurang tersedia dan masih berupa file. (3) Dampak dari implementasi pendekatan saintifik ini berupa dampak positif yakni Bapak Ibu guru dimudahkan dalam proses penilaian karena mengacu pada K.D dan penilaian dilakukan setiap materi pembelajaran. Adapun dampak untuk siswa adalah siswa menjadi lebih termotivasi untuk belajar dan meningkatkan prestasi belajarnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153359 TITIK SRI HANDAYANI
Date Deposited: 30 Dec 2019 02:50
Last Modified: 30 Dec 2019 02:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14162

Actions (login required)

View Item View Item