PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLES TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS II DI SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ROUDLOTUSH SHOLIKHAH, 1725143263 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLES TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS II DI SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Examples terhadap Minat dan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas II di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Roudlotush Sholikhah, NIM. 1725143263, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I Kata Kunci : Model Example Non Examples, Minat, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada era pendidikan sekarang peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, peserta didik terkadang bermain dengan teman ketika guru menjelaskan materi. Dalam pembelajaran hendaknya guru mampu memberikan suasana yang menyenangkan agar peserta didik bisa lebih mudah memahami materi yang disampaikan, sehingga minat belajar peserta didik dapat tumbuh dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh model pembelajaran example non examples terhadap minat belajar tematik peserta didik kelas II di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? 2) Adakah pengaruh model pembelajaran example non examples terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas II di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? 3) Adakah pengaruh model pembelajaran example non examples terhadap minat dan hasil belajar tematik peserta didik kelas II di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran example non examples terhadap minat belajar tematik peserta didik kelas II di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran example non examples terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas II di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung.3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran example non examples terhadap minat dan hasil belajar tematik peserta didik kelas II di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya quasi exsperiment (eksperimen semu). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang minat belajar peserta didik kelas II di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar peserta didik kelas II di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung yang digunakan sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model Example Non Examples dengan minat belajar tematik peserta didik kelas II di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t untuk minat belajar tematik diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,002. Karena signifikansi < 0,05 maka (H0) ditolak dan (Ha)diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model Example Non Examples dengan minat belajar tematik peserta didik. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model Example Non Examples dengan hasil belajar tematik peserta didik kelak II di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Hal ini berdasarkan uji t untuk hasil belajar tematik diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,027. Karena signifakansi < 0,05 maka (H0) ditolak dan (Ha)diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model Example Non Examples dengan minat belajar tematik peserta didik. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model Example Non Examples dengan minat dan hasil belajar tematik peserta didik kelas II di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji Anova 2 jalur untuk minat dan hasil belajar tematik diperoleh Sig sebesar 0,004. Karena signifikansi < 0,05 (H0) ditolak dan (Ha)diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model Example Non Examples dengan minat belajar tematik peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143263 ROUDLOTUSH SHOLIKHAH
Date Deposited: 26 Dec 2019 02:05
Last Modified: 26 Dec 2019 02:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14153

Actions (login required)

View Item View Item