PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 4 DAN 5 SDN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG

ARIF MATULHIMAH, 17205153349 (2019) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 4 DAN 5 SDN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (381kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (852kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (129kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 4 dan 5 Di SDN 1 Kauman Tulungagung,” yang ditulis oleh …. dengan dibimbing oleh …... Kata kunci: Pengaruh, Pola Asuh Orang Tua, Prestasi Belajar, Pola asuh orang tua terhadap anaknya n merupakan salah satu unsur terpenting dalam perkembangan anak dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya dalam prestasi belajar. Orang tua yang tidak memenuhi tugas-tugasnya sebagai ayah dan ibu, akan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup anak-anaknya. Terutama peran seorang ayah dan ibu adalah memberikan pendidikan dan perhatian terhadap anak-anaknya. Banyak orang tua yang beranggapan bahwa pola asuh yang diberikan kepada anaknya telah melepaskan hak dan kewajibannya untuk memberikan pendidikan kepada mereka. Semua tanggung jawabnya sebagai orang tua. Padahal orang tua, juga harus memperhatikan berbagai macam pola asuh dalam menjalani kehidupan bersama anaknya supaya tidak terjadi permasalahan yang berdampak negatif kepada masa depan anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua otoriter terhadap prestasi belajar siswa kelas 4 dan 5 di SDN 1 kauman?, (2) Adakah pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua otoritatif terhadap prestasi belajar siswa kelas 4 dan 5 di SDN 1 kauman?, (3) Adakah pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua memanjakan dengan prestasi belajar siswa kelas 4 dan 5 di SDN 1 kauman?, (4) Adakah pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas 4 dan 5 di SDN 1 Kauman?. Metode penelitian yang diterapkan dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif yaitu korelasi, yang mana untuk memperoleh signifikansi antar variabel yang diteliti. Penelitian kuantitatif adalah suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menemukan keterangan mengenai apa yang ingin kita ketahui. Dengan menganalisa secara mendalam terkait, satu variabel bebas (x) dan satu variabel terikat (y), namun variabel bebeas dijabarkan menjadi tiga sub variabel, yaitu x1, x2, x3. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Ada pengaruh pola asuh orang tua otoriter terhadap variabel belajar siswa kelas 4 dan 5 di SDN 1 Kauman Tulungagung, yang berarti Hₐ di terima dan Hₒ di tolak. (2) Ada pengaruh pola asuh orang tua otoritatif terhadap variabel belajar siswa kelas 4 dan 5 di SDN 1 Kauman Tulungagung, yang berarti Hₐ di terima dan Hₒ di tolak. (3) Ada pengaruh pola asuh orang tua memanjakan terhadap variabel belajar siswa kelas 4 dan 5 di SDN 1 Kauman Tulungagung, yang berarti Hₐ di terima dan Hₒ di tolak. (4) Ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap variabel belajar siswa kelas 4 dan 5 di SDN 1 Kauman Tulungagung, dengan nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 dengan nilai mean (rata-rata) yaitu 0,261. Maka Hₐ di terima dan Hₒ di tolak. Semua hipotesa penelitian menunjukan nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 sehingga hipotesa dinyatakan diterima dalam penelitian ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153349 ARIF MATULIMAH
Date Deposited: 06 Jan 2020 03:01
Last Modified: 06 Jan 2020 03:01
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14121

Actions (login required)

View Item View Item