UPAYA MADRASAH DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ISLAMI SISWA KELAS VIII MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN YASIN TAHLIL DI MTSN 2 KOTA BLITAR

MUHAMMAD AHYAR ARAFIK, 17201153459 (2019) UPAYA MADRASAH DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ISLAMI SISWA KELAS VIII MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN YASIN TAHLIL DI MTSN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (542kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (541kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (814kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (363kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Madrasah dalam Membentuk kepribadian islami siswa kelas VIII melalui kegiatan keagamaan yasin tahlil di MTsN 2 kota blitar” ini ditulis oleh Muhammad Ahyar Arafik, NIM 17201153459, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiah Dan Ilmu Keguruan yang dibimbing oleh Hj. St. Noer Fadila Laila, MA. Kata kunci: Kepribadian islami siswa, kegiatan keagamaan yasin tahlil Kontek penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh keunikan yang terjadi di MTsN 2 Kota Blitar Dikatakan unik disini karena dalam pandangan umum atau pandangan yang dipahami oleh masyarakat kegiatan keagamaan tahlilan itu berkaitan dengan kematian, maksudnya yakni berkaitan dengan membaca ayat Al-Qur’an, dzikir, dan doa-doa untuk dikirimkan kepada orang yang sudah meninggal dunia dan dilaksanakan selama 7 hari sampai 1000 hari setelah orang tersebut meninggal dunia. Namun oleh lembaga pendidikan digunakan guna membantu dalam membentuk kepribadian islami para siswanya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kegiatan keagamaan yasin tahlil yang dilaksanakan dalam membentuk kepribadian siswa di MTsN 2 Kota Blitar. 2) Bagai latar belakang kegiatan yasin tahlil dilaksanakan dalam membentuk kepribadian siswa di MTsN 2 Kota Biltar. 3) Bagamana implikasi dari kegiatan yasin tahlil terhadap kepribadian siswa di MTsN 2 Kota Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif desksriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisa data dengan mereduksi data atau memilih data atau menyederhanakan data kasar yang berasal dari lapangan. Kemudian data disajikan dengan berupa sekumpulan informasi yang tersusun dalam teks naratif. Selanjutnya penarikan kesimpulan, yang terakhir data ditransformasikan dan disusun secara tematik dalam bentuk teks naratif sesuai dengan fokus penelitian yan dituangkan dalam kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode dan sumber. Triangulasi dengan metode peneliti menggunakan metode ganda untuk mengetahui konsistensi atau ekspresi informan. Triangulasi sumber peneliti memandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian: 1) Upaya madrasah dalam membentuk kepribadian islami siswa melalui kegiatan keagamaan islam yasin tahlil di MTsN 2 Kota Blitar. Pelaksaannya dialkukan setiap hari jum’at pagi jam 06:30. 2) Upaya madrasah dalam membentuk kepribadian islami siswa melalui kegiatan keagamaan islam yasin tahlil di MTsN 2 Kota Blitar. Adalah membenntuk kepribadian yang tertanam didalmanya niali-nilai keislaman yang sesui dengan perintah Allah dan Rasull-Nya. 3) Upaya madrasah dalam membentuk kepribadian islami siswa melalui kegiatan keagamaan islam yasin tahlil di MTsN 2 Kota Blitar. Bentuk kepribadianya dalam bentuk Ibadah, dan Akhlak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd 17201153459 Muhammad Ahyar Arafik
Date Deposited: 11 Dec 2019 01:18
Last Modified: 09 Apr 2020 02:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14104

Actions (login required)

View Item View Item