ANALISIS PENGEMBANGAN POTENSI PARIWISATA SYARIAH DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (Studi Pada Wisata Religi Di Makam Gus Miek kabupaten Kediri Dan Mbah Wasil Kota Kediri)

ACHMAD MABRURIN, 12508174001 (2019) ANALISIS PENGEMBANGAN POTENSI PARIWISATA SYARIAH DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (Studi Pada Wisata Religi Di Makam Gus Miek kabupaten Kediri Dan Mbah Wasil Kota Kediri). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Abstrak dengan judul “Analisis Pengembangan Potensi Pariwisata Syariah dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat (Studi Pada Pariwisata Religi Di Makam Gus Miek Kab. Kediri Dan Mbah Wasil Kota Kediri)” ditulis oleh Achmad Mabrurin dan dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Nur Aini Latifah, SE.,MM dan Ibu Dr. Iffatin Nur, M.Ag. Penelitian dalam tesis ini dilator belakangi oleh peningkatan perekonomian masyarakat, di dalam Al-Quran diperoleh banyak isyarat untuk melakukan aktivitas pariwisata. Pariwisata sebagai salah satu sektor yang bisa mendatangkan pendapatan individu, masyarakat serta income bagi Negara. Fokus dan pertanyaan penelitian dalam kajian ini adalah (1) Bagaimana Pengembangan Potensi Pariwisata Religi dalam Meningkatkan Perekonomian masyarakat di Makam Gus Miek Kab. Kediri dan Mbah Wasil Kota Kediri, (2) Bagaimana Dampak Pengembangan Potensi Pariwisata Religi dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Makam Gus Miek Kab. Kediri dan Mbah Wasil Kota Kediri (3) Apa kendala dan solusi pada Pengembangan Potensi Pariwisata Religi dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Makam Gus Miek Kab. Kediri dan Mbah Wasil Kota Kediri. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan penelitian lapangan.lokasi penelitian Makam Gus Miek Tambak, Ngadi, Mojo, Kab. Kediri dan Makam Mbah Wasil Setono Gedong, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri. Sumber data penelitian ini terdiri dari informan, peristiwa dan lokasi. Prosedur pengumpulan data dengan menggunakan metode interview (wawancara), observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Dari hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Dalam pengembangan pariwisata religi ini banyak pihak yang merasa diuntungkan, Dari pengelola dan juru kunci merasa diuntungkang karena segala proses pengembangan bisa dilakukan dan bisa terselesaikan, dari warga atau pedagang setempat merasa diuntungkan karena dengan pengembangan yang dilakukan membuat pengunjung sering mampir di warung, dan dari pengunjung merasa diuntungkan dengan pengembangan potensi pariwisata ini karena bisa merasa lebih nyaman dan tenang. (2) Dampak pengembangan potensi pariwisata dalam meningkatkan perekonomian masyarakat terbilang positive, semua pihak terkena dampak dari pengembangan potensi pariwista religi serta merasa diuntungkan dengan adanya pengembangan. (3) Kendala dan solusi pengembangan pariwisata religi, jumlah pengelola dan pengembang sangat minim, Wawasan masyarakat sekitar tentang potensi wisata religi sangat kurang. Solusi, Melakukan rapat-rapat kecil dengan masyarakat yang membahas tentang besarnya potensi wisata religi di makam mbah wasil jika dapat dikelola dengan optimal. Kata Kunci : Pengembangan Pariwisata, Pariwisata Syariah, Pariwisata Religi Pembangunan Ekonomi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12508174001 ACHMAD MABRURIN
Date Deposited: 03 Dec 2019 07:59
Last Modified: 03 Dec 2019 07:59
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14073

Actions (login required)

View Item View Item