PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI 1 DONGKO TRENGGALEK

SITI CHOIRINNISA, 17207153022 (2019) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI 1 DONGKO TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul: “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Negeri 1 Dongko Trenggalek”, ini ditulis oleh: Siti Choirinnisa, NIM : 17207153022, Program Sarjana (S1), Manajemen Pendidikan Islam, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Hj. Indah Khomsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru Guru profesional merupakan komponen terpenting dalam pendidikan. Suatu kualitas pendidikan, guru dapat dikatakan sebagai kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan, sehingga kualitas dan profesionalisme guru itu harus benar-benar diperhatikan. Profesionalisme guru akan dapat ditingkatkan apabila kepala sekolah mampu menjalankan perannya dengan baik, antara lain peran sebagai manajer, administrator dan motivator. Fokus penelitiannya adalah 1) Bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Negeri 1 Dongko Trenggalek; 2) Bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai administrator dalam meningkatkan profesionalisme guru di di SMA Negeri 1 Dongko Trenggalek; 3) Bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan profesionalisme guru di di SMA Negeri 1 Dongko Trenggalek. Tujuan Penelitian: untuk mendeskripsikan, 1) peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan profesionalisme guru di di SMA Negeri 1 Dongko Trenggalek; 2) peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai administrator dalam meningkatkan profesionalisme guru di di SMA Negeri 1 Dongko trenggalek; 3) peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan profesionalisme guru di di SMA Negeri 1 Dongko Trenggalek. Metode penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus situs tunggal, lokasinya di di SMA Negeri 1 Dongko Trenggalek, sumber datanya informan, peristiwa, lokasi dan dokumen, datanya primer dan skunder, tehnik pengumpulan datanya dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis data interaktif, analisis data alur model Huberman dan analisis data situs tunggal, sedangkan pengecekan keabsahan datanya dengan menggunakan diskusi sejawat, triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian: 1) Peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Negeri 1 Dongko Trenggalek dilakukan dalam bentuk penerapan empat fungsi manajemen, yaitu; a) Fungsi perencanaan; rencana peningkatan profesionalisme disusun berdasarkan visi misi sekolah dengan tujuan peningkatan kinerja guru dalam hal kedisiplinan, iklim kerja yang baik, kemampuan dalam melaksanakan pembelajaran dan bimbingan yang efektif, dan berkontribusi positif terhadap prestasi siswa dan lembaga, dengan bentuk pelatihan-pelatihan, penataran, pembinaan, dan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi guru yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi; b) Fungsi organisasi; dilakukan dalam bentuk koordinasi langsung kepala sekolah dengan guru yang bersangkutan, kepala sekolah melalui waka kurikulum, dan melalui forum musyawarah untuk penyamaan persepsi dan mutu serta penentuan bentuk diklat atau workshop yang akan diselenggarakan atau diikuti; c) Fungsi pelaksanaan; dilakukan sebagai pelaksanaan dari rencana peningkatan profesionalisme guru diwujudkan dalam bentuk penegakan kedisiplinan sebagai dasar profesionalisme, penyertaan guru dalam kegiatan diklat, workshop, pengaktifan guru dalam KKG dan MGMP, serta menyelenggarakan program-program training di sekolah; d) Fungsi evaluasi; dilakukan dalam bentuk; musyawarah, supervise kelompok maupun individual, kunjungan kelas, dan evaluasi individual. 2) Peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai administrator dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Negeri 1 Dongko Trenggalek dilakukan dalam bentuk; a) Pengelolaan kurikulum berupa koordinasi dengan waka kurikulum terkait peningkatan profesionalisme guru mata pelajaran yang akan disertakan dalam program peningkatan; b) Pengelolaan iklim kerja berupa pengelolaan iklim kerja yang baik sesuai visi misi sekolah dan didukung pengelolaan kearsipan yang ditunjukkan dengan pengarsipan surat penugasan pada guru serta pemasaran papan-papan struktur organisasi sekolah dan tugas pokok fungsi dan wewenang pengelola sekolah sesuai jabatan; dan c) Pembiayaan program peningkatan profesionalisme, baik secara mandiri maupun dibiayai oleh pemerintah. 3) Peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Negeri 1 Dongko Trenggalek dilakukan dalam bentuk; a) implementasi kepemimpinan (keteladanan) kepala sekolah yang mendukung peningkatan profesionalisme; b) rutinitas pemberian motivasi pada guru dan karyawan dalam setiap pertemuan; c) Senantiasa mengingatkan dan membantu guru terkait sertifikasi guru yang berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan guru; d) memberikan kesempatan seluas-luasnya pada guru untuk mengikuti diklat, penataran atau workshop; e) menjanjikan komitmen sebagai kepala sekolah terhadap peningkatan mutu dan profesionalisme sekaligus menuntut adanya komitmen yang sama dari para guru dan karyawan; f) memberikan penghargaan dan kesejahteraan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17207153022 SITI CHOIRINNISA
Date Deposited: 03 Dec 2019 02:23
Last Modified: 03 Dec 2019 02:23
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14064

Actions (login required)

View Item View Item