PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS VIII DI MTs ALMA’ARIF TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

TRI MARIANA DEWI NUR AZIZAH, 17201153174 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS VIII DI MTs ALMA’ARIF TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (228kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Card Sort Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Al-Ma’arif Tulungagung”, ini ditulis oleh Tri Mariana Dewi Nur Azizah, NIM. 17201153174. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Khoirul Anam, M.Pd.I. NIP. 198008252006042007. Kata Kunci: Card Sort, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa suatu model pembelajaran yang diterapkan oleh guru di sekolah dapat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya minat belajar siswa, dan apabila minat belajar siswa rendah maka nilai belajar siswa pun pasti menurun, faktanya di sekolah guru masih menggunakan metode pembelajaran yang masih konvensional seperti ceramah dan tanya jawab, sehingga minat belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadis cenderung rendah. Maka untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, peneliti menerapkan model pembelajaran Card Sort dalam pembelajaran di kelas, karena metode pembelajaran ini menekankan pada kerjasama antar siswa yang membuat siswa aktif dan bersemangat dalam kegiatan pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa meningkat. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah model pembelajaran Card Sort dengan minat dan hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Card Sort Terhadap minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Al-Ma’arif Tulungagung? (2) Aadakah pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Card Sort Terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Al-Ma’arif Tulungagung? (3) Adakah pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Card Sort Terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Al-Ma’arif Tulungagung? Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII-D berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII-C berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik dan instrument pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data: Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji T-Test, Uji MANOVA dengan bantuan SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Card Sort terhadap minat belajar siswa kelas VIII mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs. Al-Ma’arif Tulungagung. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji t-test yang diperoleh yaitu nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Card Sort terhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran AlQur’an Hadis di MTs. Al-Ma’arif Tulungagung. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji t-test yang diperoleh nilai signifikansi sebesar 000 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Card Sort terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs. AlMa’arif Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan uji MANOVA dengan nilai signifikansi pada Pillai’s Trasce, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roys Largest Root semua menunjukkan nilai yaitu 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153174 TRI MARIANA DEWI NUR AZIZAH
Date Deposited: 02 Dec 2019 03:38
Last Modified: 02 Dec 2019 03:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14031

Actions (login required)

View Item View Item