PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

RESA ISTIANA, 17205153285 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa kelas V MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” oleh Resa Istiana, NIM 17205153285 dibimbing oleh Dr. H. Syamsyun Ni’am, M.Ag Kata kunci: Model Pembelajaran Tipe Teams Game Tournament, Minat dan Hasil Belajar Skripsi yang membahas tentang pengaruh model pembelajaraan kooperatif Teams Games Tournament terhadap minat dan hasil belajar, di latar belakangi oleh pandangan mayoritas siswa terhadap pelajaran IPA sebagai pelajaran yang hanya mengedepankan teori dan kurangnya praktik secara langsung. Padahal IPA memiliki peranan dalam kehidupan sehari-hari. Keberhasilan pelajaran IPA tidak lepas dari persiapan siswa dan guru, maka perlu satu tindakan guru untuk mencari dan menerapkan suatu model pembelajaran yang sekiranya dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Peneliti mencoba mengembangkan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament pada mata pelajaran IPA tujuannya untuk meningkatkan prestasi dan hasil belajar siswa dalam prsoes pembelajaran dan menjadikan proses pembelajaran tidak membosankan, akan tetapi pembelajaran tersebut akan menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA, (2) Menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA, (3) Menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat dan hasil belajar IPA. Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah siswa kelas V-A dan kelas V-B dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan angket dan post tes yang berfungsi untuk mengetahui nilai minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Analisis data untuk uji instrument penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas, untuk uji hipotesis menggunakan uji t-test dan uji manova. Hasil penelitian ini adalah, (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament terhadap minat, hasilnya diperoleh dari nilai signifikansi lebih dari 0,05, nilai signifikansi sebesar 0,859 (2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament terhadap hasil belajar, hasilnya diperoleh t-hitung > t-tabel dengan taraf nyata 5% sehingga 6,564 > 2,673. Dengan perbedaan rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas control. Ratarata kelas eksperimen 88,51 dan rata-rata kelas control sebesar 77,74. (3) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament terhadap minat dan hasil belajar IPA, hasilnya diperoleh dari nilai signifikansi kurang dari 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153285 RESA ISTIANA
Date Deposited: 26 Nov 2019 07:02
Last Modified: 26 Nov 2019 07:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14012

Actions (login required)

View Item View Item