UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMK DARUL HUDA WONODADI BLITAR

MOH. FAHRUL ROZI, 17201153474 (2019) UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMK DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI .pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka .pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Minat Belajar Siswa di SMK Darul Huda Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Moh. Fahrul Rozi, NIM. 17201153474, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Drs. Nurul Hidayat, M. Ag. Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Minat Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada masyarakat terhadap profesi guru kurang berkenan, berbanding terbalik dengan pangakuan profesi misal dokter dan polisi. Apabila ukuran tinggi rendahnya pengakuan keprofesionalan tersebut adalah keahlian dan tingkat pendidikan yang ditempuhnya, gurupun ada yang setingkat dengan profesi lain dan bahkan ada yang lebih baik. Faktor lain yang mengakibatkan rendahnya pengakuan masyarakat terhadap profesi guru adalah kelemahan yang terdapat pada guru itu sendiri seperti rendahnya kompetensi profesional guru, penguasaan guru dalam memotivasi belajar siswa serta kemampuan-kemampuan lain yang belum optimal. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penguasaan Materi untuk Mengembangkan Minat Belajar Siswa di SMK Darul Huda Wonodadi Blitar (2) Bagaimana Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pemanfaatan Media untuk Mengembangkan Minat Belajar Siswa di SMK Darul Huda Wonodadi Blitar (3) Bagaimana Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penggunaan Metode Pembelajaran untuk Mengembangkan Minat Belajar Siswa di SMK Darul Huda Wonodadi Blitar Adapaun tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penguasaan Materi untuk Mengembangkan Minat Belajar Siswa di SMK Darul Huda Wonodadi Blitar. (2) untuk mendeskripsikan Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pemanfaatan Media untuk Mengembangkan Minat Belajar Siswa di SMK Darul Huda Wonodadi Blitar. (3) untuk mendeskripsikan Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penggunaan Metode Pembelajaran untuk Mengembangkan Minat Belajar Siswa di SMK Darul Huda Wonodadi Blitar. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang utama dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dari kepala Sekolah, guru PAI, Waka Kurikulum, dan peserta didik. Prosedur pengumpulan data meliputi : metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yag digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif meliputi : reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan, triangulasi teknik dan sumber, pengecekan teman sejawat. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa (1) Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional guru PAI dalam penguasaan materi untuk mengembangkan minat belajar siswa di SMK Darul Huda Wonodadi Blitar yaitu: a) melalui pendidikan dan pelatihan, dilakukan sejak guru mengikuti prajabatan dilanjutkan dengan mengikuti penataran-penataran, melalui kelompok kerja dan tugas belajar, b) penguasaan materi secara mandiri dengan membaca berbagai buku yang berkaitan dengan materi, mencari informasi di internet, mengikuti diklat mata pelajaran, dan berdiskusi dengan para ahli dan teman sejawat, c) pelajaran PAI agar lebih kreatif dalam membawakan setiap materi guru selalu berusaha untuk memberikan suatu pengetahuan yang baru, yang belum pernah mereka ketahui, (2) Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional guru PAI dalam pemanfaatan media untuk mengembangkan minat belajar siswa di SMK Darul Huda Wonodadi Blitar yaitu: a) Mengenal, memilih, dan menggunakan media, yakni dengan menggunakan media yang beragam dan bervariatif dalam kegiatan pembelajaran. media yang digunakan dalam pembelajaran PAI di SMK Darul Huda diantaranya: LCD Proyektor, Video, peta konsep, papan tulis, power point, Laboratorium, dan Lingkungan sekolah. b) perbedaan individu anak didik, yaitu menyesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, menyesuaikan dengan situasi kondisi siswa, kemudian juga disesuaikan dengan metode yang digunakan. (3) Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional guru PAI dalam penggunaan metode pembelajaran untuk mengembangkan minat belajar siswa di SMK Darul Huda Wonodadi Blitar yaitu: menggunakan beberapa metode dan mengkolaborasikan metode yang satu dengan metode yang lainnya. Metode yang sering digunakan dalam menyampaikan materi pelajaran PAI di SMK Darul Huda adalah metode ceramah, diskusi kelompok, penugasan, Tanya jawab, hafalan, dan praktek lapangan. Kriteria dalam memilih metode pembelajaran yaitu menyesuaikan dengan materi pelajaran, kondisi siswa, kemampuan siswa, dan keadaan lingkungan belajar. ketika guru menggunakan metode yang tepat, maka minat siswa untuk belajar Pendidikan Agama Islam juga tinggi, dengan begitu mereka semangat mengikuti pelajaran dan juga dengan cepat memahami materi yang disampaikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153474 MOH. FAHRUL ROZI
Date Deposited: 22 Nov 2019 01:25
Last Modified: 22 Nov 2019 01:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13972

Actions (login required)

View Item View Item