Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Trigonometri Peserta didik Kelas X MAN 2 Tulunggagung

Sri Adam Dewi, Setyaningrat (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Trigonometri Peserta didik Kelas X MAN 2 Tulunggagung. [ Skripsi ]

[img] Text
sampul-abstrak.docx

Download (307kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (82kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)
[img] Text
daftar pstaka.docx

Download (19kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Cooperative script, Pretasi belajar Upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan menyiapkan siswa agar memiliki hubungan sosial yang sehat akhir-akhir ini banyak dikembangkan melalui pembelajaran kooperatif. Salah satunya adalah cooperative script. Sejumlah studi tentang cooperative script ini telah konsisten menemukan bahwa siswa yang belajar dengan cara ini dapat belajar dan mengendapkan materi lebih banyak daripada siswa yang membuat ringkasannya sendiri atau mereka yang hanya sekedar membaca materi pelajaran itu. Tujuan dari penelitian ini tidak lain untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas X MAN 2 Tulungagung. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas X MAN 2 Tulungagung?, (2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas X MAN 2 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) Untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas X MAN 2 Tulungagung, (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas X MAN 2 Tulungagung. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Static Group Comparison yaitu dengan melihat perbedaan hasil post test yang dilaksanakan di MAN 2 Tulungagung. pada bulan April Sampai dengan bulan Juni 2012. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X yang berjumlah 88 peserta didik dari populasi sebanyak 430 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap prestasi belajar menggunakan data post test yang diujikan setelah peserta didik dikelas eksperimen memperoleh tritmen. Kemudian data post test dari kelas eksperimen dan kelas kontrol diolah secara statistik untuk diambil rata-ratanya. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas X MAN 2 Tulungagung adalah uji perbedaan dua rata-rata data hasil belajar (uji t-test) dan analisis koefisien determinansi. Setelah peneliti mengumpulkan dan menganalisis data dengan uji perbedaan dua rata-rata data hasil belajar (uji t-test) menunjukan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative script terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas X MAN 2 Tulungagung. Hal ini berdasarkan pada berdasar db = 80, pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai tt sebesar 1,990. Dari nilai-nilai t ini dapat dituliskan sebagai berikut tt (5% = 1,990) < te (6.461600865) maka interpretasi hasil uji-t tersebut dikatakan signifikan. Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan diperoleh besarnya koefisien korelasi biserial hasil belajar (rb) sebesar 0.548709 , sehingga besarnya koefisien determinasi (KD) adalah 30.1082%. Jadi besarnya kontribusi model pembelajaran cooperative script terhadap prestasi belajar matematika peserta didik pada materi trigonometri sebesar 30.1%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 25 Mar 2015 03:49
Last Modified: 25 Mar 2015 03:49
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/1388

Actions (login required)

View Item View Item