Peningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Bangun Ruang Dimensi Tiga Melalui Pembelajaran Kooperatiif Tipe Numbered Head Together Kelas X – F MAN Kunir Tahun Pelajaran 2011-2012

Wiwik, Mubadiah (2012) Peningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Bangun Ruang Dimensi Tiga Melalui Pembelajaran Kooperatiif Tipe Numbered Head Together Kelas X – F MAN Kunir Tahun Pelajaran 2011-2012. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.doc

Download (75kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (147kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (158kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (445kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (30kB)
[img] Text
abstrak.doc

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKAAA.doc

Download (28kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif tipe NHT, Aktivitas Belajar siswa, Hasil Belajar siswa Peningkatan kualitas pendidikan erat kaitannya dengan peningkatan kualitas guru sebagai pelaksana pendidikan. Melihat aktivitas siswa yang masih kurang dan proses pembelajaran didominasi guru, maka hasil belajar yang diperoleh kurang maksimal. Seharusnya guru harus mampu menciptakan suasana belajar mengajar yang melibatkan siswa secara aktif, sehingga lebih memotivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk itu, pemilihan metode yang tepat sangat diperlukan sehingga hasil belajar yang dicapai oleh siswa menjadi lebih baik. Yang menjadi fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana aktivitas siswa kelas X-F MAN Kunir selama kegiatan belajar mengajar matematika pokok bahasan bangun ruang dimensi tiga dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT? 2) Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas X-F MAN Kunir selama kegiatan belajar mengajar matematika pokok bahasan bangun ruang dimensi tiga dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui aktivitas siswa kelas X-F MAN Kunir selama kegiatan belajar mengajar matematika pokok bahasan bangun ruang dimensi tiga dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT. 2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas X-F MAN Kunir selama kegiatan belajar mengajar matematika pokok bahasan bangun ruang dimensi tiga dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT. Skripsi ini bermanfaat bagi peneliti sebagai tambahan wawasan ilmu pengetahuan mengenai pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan sebagai bekal untuk terjun langsung kedunia pendidikan. Bagi guru atau pendidik digunakan sebagai salah satu cara untuk mamperbaiki kualitas pembelajaran matematika. Sedangkan bagi siswa digunakan untuk meningkatkan minat belajar, menumbuhkan rasa kebersamaan, meningkatkan aktivitas siswa dan mengoptimalkan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis tindakan kelas. Adapun tekni pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi, catatan lapangan dan wawancara. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa kelas X-F MAN Kunir. Observasi digunakan untuk mengamati aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan catatan lapangan dan wawancara digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran matematika dan respon siswa. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT akhirnya dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun penerapan pembelajaran ini sebagai berikut: 1) Tahap pendahuluan, meliputi: a) Membuka pembelajaran, b) Menyampaikan tujuan pembelajaran, c) menjelaskan pembelajaran yang digunakan yaitu kooperatif tipe NHT. 2) Tahap inti, meliput: a) Guru membagi kelompok, b) Guru memberikan nomor kepada setiap siswa, c) Guru memberikan lembar diskusi untuk didiskusikan, d) Guru mengamati proses diskusi, e) mempresentasikan hasil diskusi. 3) Tahap akhir, meliputi: a) siswa diarahkan untuk membuat rangkuman materi yang dipelajari, b) menginformasikan pelajaran berikutnya. Berdasarkan analisis data yang diperoleh untuk prosentase aktivitas peneliti pada siklus I adalah 74%. Pada siklus II meningkat menjadi 93%. Prosentase aktivitas siswa pada siklus I adalah 80%, sedangkan pada siklus II 91,8%. Untuk prosentase aktivitas siswa secara individu pada siklus I adalah 74,9% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,9%. Hasil tes pada siklus I yaitu nilai rata-rata 72,7 dengan ketuntasan sebanyak 75%. Pada siklus II hasil belajar meningkat dengan ketuntasan 94,4% dengan nilai rata-rata 86,1.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 25 Mar 2015 03:43
Last Modified: 25 Mar 2015 03:43
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/1386

Actions (login required)

View Item View Item