KEPEMIMPINAN VISIONER KIAI DALAM MEWUJUDKAN LAYANAN PRIMA DI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH PULE TRENGGALEK

Zuhri, 1761154032 (2018) KEPEMIMPINAN VISIONER KIAI DALAM MEWUJUDKAN LAYANAN PRIMA DI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH PULE TRENGGALEK. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (353kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (408kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (605kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (54kB)

Abstract

Layanan prima dalam proses pendidikan merupakan integrasi proses dan standar hasil pendidikan. Lembaga pendidikan menerapkan standar layanan dilandasi oleh rancangan masa depan lembaga sebagai organisasi yakni Visi. Lembaga pendidikan mempunyai visi dan tujuan organisasi sebagai pemandu dalam mencapai tujuannya, demikian halnya pondok pesantren. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang bertolak belakang terhadap kekuatan visi pondok pesantren dalam menciptakan proses dan layanan pendidikan yang sesuai standar kebutuhan konsumen. Kinerja pimpinan pesantren yakni kiai sangat menentukan visi yang menjadi harakah organisasi pesantren memberikan layanan pendidikan yang prima. Efektifitas organisasi di pondok pesantren sangat bergantung pada kerja kiai sebagai penuntun, motor perubahan lembaga, komunikator, dan pembimbing. Rumusan masalah dalam penulisan disertasi ini adalah 1) Bagaimana kemampuan Kiai merumuskan visi dalam mewujudkan layanan prima di pondok pesantren Hidayatullah Trenggalek?; 2) Bagaimana kemampuan Kiai mengimplementasikan visi dalam mewujudkan layanan prima di pondok pesantren Hidayatullah Trenggalek?, 3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan layanan prima di pondok pesantren HidayatullahTrenggalek? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi menggunakan rancangan multisitus. Lokasi penelitian adalah Pondok Pesantren Hidayatullah Pule Trenggalek. Teknik pengambilan data menggunakan interviu, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi analisa situs tunggal dan analisa lintas situs dengan teknik analisa data; reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa 1) Kemampuan Kiai dalam merumuskan visi dalam mewujudkan layanan prima pondok pesantren melalui tahapan partisipasi total Kiai dalam perumusan, membentuk tim perumus, 3) menentukan tujuan dan startegi program yang akan dilaksanakan, dan membuat komitmen mewujudkan visi menjadi aksi, 2) Kemampuan Kiai mengimplementasikan visi dengan menerapkan kerja pimpinan visoner sebagai penentu arah kebijakan, agen perubahan di pondok pesantren, komunikator, pembimbing, pribadi yang Istiqomah, dan pimpinan menjadi Uswatun Hasanah, 3) Evaluasi pelaksanaan layanan prima dilakukan dengan langkah; evaluasi context layanan, input layanan, proses layanan, produk layanan, dan diiringi sikap tasammuh Kiai.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1761154032 Zuhri
Date Deposited: 13 Nov 2019 06:16
Last Modified: 13 Nov 2019 06:16
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/13850

Actions (login required)

View Item View Item