STRATEGI PENGELOLAAN KELAS GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMPN 6 TRENGGALEK

KHAIRUL LIANA YUSUF, 1721143193 (2019) STRATEGI PENGELOLAAN KELAS GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMPN 6 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (705kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (655kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pengelolaan Kelas Guru PAI dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMPN 6 Trenggalek” ini ditulis oleh Khairul Liana Yusuf, NIM. 1721143193, Jurusan Pendidikan Agama Islam , fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan, institut agama islam negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Germino Wahyu Broto,M.Si. NIP.19800301 201403 1 001 Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran guru dalam kegiatan pembelajaran, karena guru mempunyai tanggung jawab besar dalam perkembangan kepribadian siswa, terutama yang terjadi di kelas, oleh sebab itu guru dituntut untuk memiliki keterampilan dalam pengelolaan kelas. Dalam hal ini peneliti mengkaji bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan kelas yang dilakukan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Trenggalek. Rumusan dalam penulisan skripsi ini adalah: (1). Bagaimana strategi pengelolaan kelas guru PAI melalui tindakan preventif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMPN 6 trenggalek?, (2). Bagaimana strategi pengelolaan kelas guru PAI melalui tindakan kuratif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMPN 6 trenggalek? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mendeskripsikan strategi pengelolaan kelas guru PAI melalui tindakan preventif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMPN 6 trenggalek, (2). Untuk mendeskripsikan strategi pengelolaan kelas guru PAI melalui tindakan kuratif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMPN 6 trenggalek. Skripsi ini bermanfaat bagi SMPN 6 Trenggalek untuk pengembangan pembelajaran formal dengan suatu pendekatan yang tepat guna mempereoleh hasi yang optimal. Bagi guru diharapkan dapat dijadikan bahan masukan untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran khususnya dalam segi pengelolaan kelas, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa pada suatu mata pelajaran. Serta bagi siswa diharapkan akan dapat meningkatkan keberhasilan dalam proses kegiatan belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Penelitian yang dilakukan adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. Dalam melakukan penelitian ini digunakan metode penelitian sesuai dengan tujuan penelitian, yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang strategi guru dalam mengelola kelas agar proses pembelajaran kelas dapat berjalan dengan kondusif. Sedangkan metode observasi dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang sarana prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas yang dilakukan guru PAI di SMPN 6 Trenggalek ini sudah cukup baik. Hal penting yang harus dikuasai guru adalah strategi dalam mengelola kelas, pencapaian prestasi belajar siswa itu tergantung dari tindakan guru di kelas, salah satu aspek yang bisa dilakukan guru adalah menciptakan lingkungan belajar yang kondusif pada saat kegiatan belajar mengajar di kelas dengan optimal. Selain itu guru bisa membangkitkan minat belajar siswa dengan penggunaan metode, media dan gaya mengajar yang bervariasi serta berkepribadian yang religius. mengenal siswa lebih dekat dalam suatu interaksi belajar di kelas, bisa mengenali berbagai jenis kelas yang akan dikelola, mengatur posisi duduk yang tepat dan memlihara keindahan dan kebersihan kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143193 KHAIRUL LIANA YUSUF
Date Deposited: 19 Nov 2019 01:47
Last Modified: 19 Nov 2019 01:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13843

Actions (login required)

View Item View Item