KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)(Studi Multi Kasus di SMP Alam Al Ghifari Blitar dan SMP Negeri 3 Bandung Tulungagung)

NAHARIN MUFAROHAH, 12506174058 (2019) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)(Studi Multi Kasus di SMP Alam Al Ghifari Blitar dan SMP Negeri 3 Bandung Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (80kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (49kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) (Studi Multi Kasus di SMP Alam Al Ghifari Blitar dan SMP Negeri 3 Bandung Tulungagung)” ini ditulis oleh Naharin Mufarohah dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M.Ag dan Dr. H. Imam Junaris, M.H.I. Kata Kunci : Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Penelitian dalam Tesis ini dilatarbelakangi oleh Pendidikan Agama Islam yang diharapkan dapat menjawab tantangan zaman dengan kondisi maraknya degradasi moral. Masalah ini haruslah segera ditangani dan mendapat solusi yang tepat demi menjaga generasi penerus bangsa yang bermartabat. Oleh karenanya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam perlu dikemas secara komprehensif dan mampu menyentuh kesadaran peserta didik untuk menjadi hamba yang beriman dan beramal shaleh. Untuk mencapai tujuan tersebut seorang guru harus kreatif dalam mengajar agar peserta didik ikut aktif di dalam kegiatan belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penulisan Tesis ini adalah : (1) Bagaimana kreativitas guru pada pengembangan bahan ajar dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Alam Al-Ghifari Blitar dan SMP Negeri 3 Bandung Tulungagung? (2) Bagaimana kreativitas guru pada pengembangan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Alam Al-Ghifari Blitar dan SMP Negeri 3 Bandung Tulungagung? (3) Bagaimana kreativitas guru pada pengembangan metode pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Alam Al-Ghifari Blitar dan SMP Negeri 3 Bandung Tulungagung? Tesis ini bertujuan untuk : (1) Menemukan konsep tentang kreativitas guru pada pengembangan bahan ajar dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Alam Al-Ghifari Blitar dan SMP Negeri 3 BandungTulungagung. (2) Menemukan konsep tentang kreativitas guru pada pengembangan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Alam Al-Ghifari Blitar dan SMP Negeri 3 Bandung Tulungagung. (3) Menemukan konsep tentang kreativitas guru pada pengembangan metode pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Alam Al-Ghifari Blitar dan SMP Negeri 3 Bandung Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan rancangan multi kasus di SMP Alam Al-Ghifari Blitar dan SMP Negeri 3 Bandung Tulungagung. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data diawali dari (1) reduksi data (2) penyajian data (3) pengambilan kesimpulan. Analisis data dilakukan dalam dua tahap, yaitu analisis data kasus individu dan analisis lintas kasus. Serta dalam pengecekan keabsahan datanya menggunakan kredibilitas, transferbilitas, dependebilitas, dan konfirmabilitas. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Kreativitas guru pada pengembangan bahan ajar dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) yaitu mampu menganalisis isi bahan ajar berdasarkan kurikulum yang digunakan secara tepat dan memaksimalkan fungsi dari bahan ajar tersebut sehingga siswa siswi mampu menguasai kompetensi dari ranah kognitif, afektif dan psikomotorik Pendidikan Agama Islam (PAI) sesuai kompetensi yang haus dikuasai. (2) Kreativitas guru pada pengembangan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang ada dan memaksimalkan fungsinya serta memilih media pembelajaran yang tepat sesuai materi dan kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa sehingga media pembelajaran yang digunakan mampu meningkatkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa dengan tepat. (3) Kreativitas guru pada pengembangan metode pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) yaitu dengan cara memilih metode pembelajaran yang tepat sesuai materi dan keadaan siswa, serta dapat menggunakan metode tersebut dengan baik sehingga metode yang dipilih cocok dalam meningkatkan pengetahuan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa dengan baik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd 12506174058 NAHARIN MUFAROHAH
Date Deposited: 12 Nov 2019 08:30
Last Modified: 12 Nov 2019 08:30
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/13802

Actions (login required)

View Item View Item