PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA di MTs DARUL HUDA WONODADI BLITAR

M. ABDI KHOFIULLAH, 17201153475 (2019) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA di MTs DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh M. Abdi Khofiullah, NIM. 17201153475, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang di bimbing oleh Dr. H. Masduki, M.Ag. Kata Kunci: Pembentukan Akhlakul Karimah, Peran Guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilatar belakangi Pembentukan Akhlakul Kharimah oleh Guru Pendidikan Agama Islam. Salah satu peranan guru, terutama guru agama adalah memberikan contoh dan teladan yang baik kepada para siswanya. Gurulah yang langsung berhadapan dengan peserta didik untuk mentransfer ilmu pengetahuan sekaligus mendidik dengan nilai-nilai positif melalui bimbingan dan keteladanan. Hal tersebut sangat relevan dalam membina akhlak peserta didik supaya menjadi muslim yang sejati, karena akhlak sangat penting bagi pembentukan sikap dan tingkah laku anak, agar menjadi anak yang baik dan berakhlak karena pembentukan akhlak yang tinggi adalah tujuan utama dari pendidikan Islam Fokus penelitian ini adalah : (1) bagaimana peranan guru PAI dalam pembentukan akhlaqul karimah siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar (2) apa saja faktor penghambat dan pendukung guru PAI dalam pembentukan akhlaqul karimah siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar (3) bagaimana dampak peran guru PAI dalam pembentukan akhlaqul kharimah siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Siswa Adapaun tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan peranan guru PAI dalam pembentukan akhlaqul karimah siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. (2) untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung guru PAI dalam pembentukan akhlaqul karimah siswa MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. (3) untuk mendeskripsikan dampak peran guru PAI dalam pembentukan akhlaqul kharimah siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang utama dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dari kepala madrasah, guru PAI dan peserta didik. Prosedur pengumpulan data meliputi : metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yag digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif meliputi : reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teori. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa (1) strategi guru PAI dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar yaitu guru menggunakan strategi pembiasaan dalam kegiatan di sekolah, guru selalu memberikan arahan dan ajakan, serta memberikan keteladanan agar siswa dapat mencontoh perilaku guru tersebut, (2) hambatan peranan guru PAI dalam pembentukan akhlakul karimah siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar adalah karakter siswa yang beragam, sikap dan perilaku siswa yang kurang menaati peraturan, daya serap siswa yang berbeda, siswa yang terlalu pasif dan tidak mau tau, siswa kurang membangun hubungan baik dengan guru, siswa yang hanya ikut ikutan teman-temannya saja. (3) Terkait dengan dampak peranan guru PAI dalam pembenukan akhlakul karimah siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar adalah sekolah merasakan dampak positif yaitu siswa semakin mandiri dan bertanggung jawab dengan kewajiban ibadahnya, guru tidak lagi kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran, siswa lebih menaati peraturan sekolah, mendapatkan nilai yang baik dan bertanggung jawab dengan kewajiban beribadah kepadah Allah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153475 M. ABDI KHOFIULLAH
Date Deposited: 14 Nov 2019 04:57
Last Modified: 14 Nov 2019 04:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13727

Actions (login required)

View Item View Item