IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER RELIGIUS PADA MATA PELAJARAN AL – QUR’AN HADITS DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

DIKY EKO SAPUTRO, 17205153001 (2019) IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER RELIGIUS PADA MATA PELAJARAN AL – QUR’AN HADITS DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (237kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Nilai Karakter Religius Pada Mata Pelajaran Al – Qur’an Hadits di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Diky Eko Saputro, NIM. 17205153001, pembimbing Dr. H. As’ aril Muhajir, M.Ag. Kata kunci : Karakter Religius, Mata Pelajaran Al – Qur’an Hadits Karakter seseorang dapat terbentuk dengan baik atau buruk tergantung pada pendidikan yang diperolehnya, sehingga disinilah tugas besar seorang pendidik dalam dunia pendidikan. Karena sudah seharusnya kita ketahui bahwa karakter anak yang terbentuk sejak dini akan sangat menentukan karakter bangsa di kemudian hari. Maka perlu adanya tempat yang cukup bagi anak untuk mengekspresikan dirinya secara leluasa, agar karakter mereka dapat terbentuk dengan baik. Dengan melihat secara nyata semakin banyaknya kasus amoral di indonesia, kita tahu bahwa implementasi nilai – nilai karakter sudah sangat mendesak untuk segera dilaksanakan, seperti halnya Implementasi Nilai Karakter Religius di sekolah sangat diperlukan. Dalam hal ini peneliti menjelaskan tentang implementasi nilai karaktr religius pada mata pelajaran Al – Qur’an Hadits. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana bentuk nilai karakter religius pada mata pelajaran Al – Qur’an Hadits di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung (2) Bagaimana lingkungan fisik yang dimiliki sekolah dalam menunjang pencapaian karakter religius di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung (3) bagaimana implementasi nilai karakter religius pada mata pelajaran Al – Qur’an Hadits di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan bentuk nilai karakter religius pada mata pelajaran Al – Qur’an Hadits di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan ligkungan fisik yang dimiliki sekolah dalam menunjang pencapaian karakter religius di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung (3) Untuk mendeskripsikan implementasi nilai karakter religius pada mata pelajaran Al – Qur’an Hadits di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Lokasi penelitian dilaksanakan di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung.Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, serta dokumentasi. Wawancara digunakan untuk mengetahui atau menemukan informasi secara mendalam di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung, observasi partisipan dilakukan untuk mengetahui lebih dekat tentang obyek yang diteliti, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan penelitian. Adapun analisis data yang dilakukan dengan cara interaktif yaitu dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Nilai Karakter Religius Pada Mata Pelajaran Al – qur’an Hadits di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Pertama bentuk nilai karakter religius pada mata pelajaran Al – Qur’an Hadits di sekolah termuat dalam bentuk progam diantaranya ada pembacaan asmaul husna, budaya senyum, sapa, salam, sopan, santun, pembacaan yasin dan tahlil, ektrakulikuler rebana dan tilawah, sholat dhuha dan dhuhur berjamaah, kegiatan bersih – bersih setiap pagi, zakat, fitrah, pondok ramadhan. Kedua lingkungan fisik yang menunjang pencapaian karakter religius di sekolah yaitu adanya mushola, sarana dan prasarana meliputi kotak amal, juz amma, teks asmaul husna, perlengkapan ektrakulikuler rebana dan tilawah, kotak amal, sarung dan mukena slogan – slogan persuasif. Ketiga implementasi nilai karakter religius pada mata pelajaran Al – Qur’an Hadits di sekolah yakni melalui pelaksanaan progam pengembangan diri dan kegiatan rutin yaitu, sholat dhuhur dan dhuha berjamaah, pembacaan yasin dan tahlil, pembacaan asmaul husna, ektrakulikuler rebana dan tilawah, kegiatan pondok ramadhan, pembagian zakat fitrah, pengalangan dana untuk korban bencana, berinfaq, senyum, sapa, salam, sopan, santun.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153001 DIKY EKO SAPUTRO
Date Deposited: 08 Nov 2019 03:40
Last Modified: 08 Nov 2019 03:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13684

Actions (login required)

View Item View Item