STUDY KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKHLAK DAN FIQIH ANTARA SISWA YANG MUKIM DAN NON MUKIM PADA PONDOK PESANTREN DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

PUTRI HANDAYANI, 17201153198 (2019) STUDY KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKHLAK DAN FIQIH ANTARA SISWA YANG MUKIM DAN NON MUKIM PADA PONDOK PESANTREN DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (435kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Study Komparasi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akhlak dan Fiqih antara Siswa yang Mukim dan Non Mukim Pada Pondok Pesantren di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung”ditulis oleh Putri Handayani, NIM. 17201153198. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, di bimbing oleh: Dr. Fathul Mujib, M.Ag, NIP. 19750523 200604 1 002. Kata kunci: prestasi belajar, siswa mukim di pondok pesantren, siswa non mukim di pondok pesantren. lingkungan belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi proses belajar yang berdampak pada prestasi belajar siswa. Pondok pesantren tempat para santri untuk mengemban ilmu Agama Islam yang lebih banyak selain di sekolah umum. Pelajaran Akhlak dan Fiqih adalah materi yang ada di pondok pesantren maupun disekolah. Di pondok pesantren belajar ilmu akhlak dan fiqih lebih diperdalam dari pada di sekolah. Siswa yang mukim di pondok pesantren setidaknya memiliki prestasi yang lebih baik dari pada siswa yang tidak berada di pondok pesantren. Tujuan dari peneletian ini: (1) Untuk mengetahui komparasi prestasi belajar Akhlak antara siswa yang mukim dan non mukim dipondok pesantren di MTs Darul Falah Bendiljati kulon Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mengetahui komparasi prestasi belajar Fiqih antara siswa yang mukim dan non mukim dipondok pesantren di MTs Darul Falah Bendiljati kulon Sumbergempol Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparasional bivariat. Variabel penelitian ada 3, variabel independen: mukim di pondok, variabel kontrol: non mukim dipondok, variabel dependen: prestasi belajar, dengan jumlah populasi 132 siswa, sampel yang diambil siswa mukim 37 non mukim 37 dengan jumlah 74 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi. Instrumen penelitian untuk memperoleh data prestasi belajar menggunakan nilai raport. Sebelum proses analisis data ada uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dicari hipotesisnya dengan menggunakan uji T Independen. Semua proses analisis menggunakan aplikasi SPSS for windows 16.0. Hasil penelitian Ada perbedaan prestasi belajar Akhlak antara siswa mukim dan non mukim di pondok pesantren di MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung 2018/2019 yang ditunjukkan dengan hasil perhitungan SPSS 16.0 dengan t hitung2.982 > 1.666 Ho ditolak dan Ha diterima dan jumlah signifikansi sebesar 0.004 < 0.05 Ho ditolak Ha diterima,bahwa lingkungan belajar dapat mempengaruhi prestasi belajar. Tidak ada perbedaan prestasi belajar Fiqh antara siswa mukim dan non mukim dipondok pesantren di MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung 2018/2019 yang ditunjukkan dengan hasil perhitungan SPSS 16.0 dengan perolehan t hitung 1.379 < 1.666 Ho diterima dan Ha ditolak dan jumlah signifikasi sebesar 0.172 > 0.05 Ho diterima dan Ha ditolak, berdasarkan nilai raport siswa memberikan hasil yang sama, sehingga anggapan penulis pada awal penelitian ini tidak terbukti, karena tidak semua siswa yang mukim di pondok pesantren prestasinya tinggi. Meskipun mendapatkan ilmu tambahan dari pondok pesantren tidak menjamin nilai sekolah yang tinggi, karena masih banyak faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153198 PUTRI HANDAYANI
Date Deposited: 31 Oct 2019 03:55
Last Modified: 31 Oct 2019 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13669

Actions (login required)

View Item View Item