ANALISIS YURIDIS TENTANG IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI NO.9 TAHUN 2019 TENTANG KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DI KABUPATEN NGANJUK PERSPEKTIF FIKIH SIYASAH (Studi Kasus di Desa Kuncir Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk)

M. AINUL YAQIN, 17104153105 (2019) ANALISIS YURIDIS TENTANG IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI NO.9 TAHUN 2019 TENTANG KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DI KABUPATEN NGANJUK PERSPEKTIF FIKIH SIYASAH (Studi Kasus di Desa Kuncir Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (150kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “ Analisis Yuridis tentang Implementasi Peraturan Bupati No. 9 Tahun 2019 Tentang Keterbukaan Informasi Publik Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Di Kabupaten Nganjuk Perspektif Fikih Siyasah (Studi Kasus di Desa Kuncir Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk)”, ini ditulis oleh M. Ainul Yaqin, NIM 17104153105 dibimbing oleh Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M. Ag. Kata Kunci: Keterbukaan Informasi Publik, Fikih Siyasah. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya informasi yang dapat diakses masyarakat di Desa Kuncir, Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk, serta peran masyarakat yang kurang aktif untuk mengawasi pelaksanaan pemerintahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana pelaksanaan Keterbukaan Infromasi Publik di Desa Kuncir Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk?, 2) Bagaimana pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik di Desa Kuncir Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk perspektif Fikih Siyasah? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik di Desa Kuncir Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik di Desa Kuncir Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk ditinjau dari Perspektif Fikih Siyasah. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pengamatan, wawancara, atau penelaah dokumen. Sedangkan teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) keterbukaan Informasi Publik di Desa kuncir belum sesuai dengan Peraturan Bupati No. 9 Tahun 2019 dibuktikan dengan rendahnya pengetahuan masyarakat akan informasi publik tentang Desa, seperti Anggaran Dana Desa dan program kegiatan Desa ditambah penyediaan sarana dan prasarana informasi publik yang kurang memadai. 2) keterbukaan informasi publik di Desa Kuncir tidak menggambarkan pemerintahan yang baik dalam “Sayyid al – qawm khadimuhum,” yang berarti bahwa pemimpin suatu masyarakat adalah pelayan bagi mereka .

Item Type: Skripsi
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Komunikasi Islam
Politik Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: SH 17104153105 M. AINUL YAQIN
Date Deposited: 01 Nov 2019 06:30
Last Modified: 01 Nov 2019 06:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13667

Actions (login required)

View Item View Item