APLIKASI NILAI-NILAI SUFISTIK DALAM PERILAKU BELAJAR KITAB KUNING PADA SANTRI (STUDI KASUS PADA SANTRI YANG TELAH MENIKAH DI LEMBAGA ISLAM TRADISIONAL GEDUNG NU RANTING PUCUNG KIDUL)

NISYA'UL MAHMUDAH, 17303153006 (2019) APLIKASI NILAI-NILAI SUFISTIK DALAM PERILAKU BELAJAR KITAB KUNING PADA SANTRI (STUDI KASUS PADA SANTRI YANG TELAH MENIKAH DI LEMBAGA ISLAM TRADISIONAL GEDUNG NU RANTING PUCUNG KIDUL). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nisya’ul Mahmudah. Aplikasi Nilai-Nilai Sufistik Dalam Perilaku Belajar Kitab Kuning Pada Santri (Studi Kasus Pada Santri Yang Telah Menikah Di Lembaga Islam Tradisional Gedung NU Ranting Pucung Kidul). Skripsi, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Jurusan Tasawuf Psikoterapi, IAIN Tulungagung, Pembimbing, Muhammad Ainun Najib M.Fil.I. Kata Kunci : Aplikasi Nilai-Nilai Sufistik, Perilaku Belajar, Kitab Kuning, Santri Studi ini tentang Aplikasi Nilai-Nilai Sufistik dalam Perilaku Belajar Kitab Kuning pada Santri (Studi Kasus pada Santri yang Telah Menikah di Lembaga Islam Tradisional Gedung NU Ranting Pucung Kidul). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas sosial yang ditemukan dilapangan menunjukkan bahwa masih banyak anak muda yang statusnya belum menikah cenderung tidak tertarik mengikuti pengkajian kitab kuning. Namun di sisi lain mereka yang berstatus telah menikah justru lebih aktif dalam mengikuti kajian kitab kuning ini, karena kitab kuning merupakan hal yang menarik untuk dipelajari. Didalam kitab kuning terdapat banyak ilmu tentang nilai-nilai sufistik untuk lebih mendekatkan diri dengan Tuhan dan contoh tauladan dari Nabi dan Rosul yang dapat dicontoh dan diterapkan dalam menjawab permasalahan hidup yang ada dilingkungan mereka. Adapun fokus penelitian dalam penelitian skripsi ini ialah mengetahui nilai sufistik yang ada dalam perilaku belajar kitab kuning pada santri yang telah menikah. Sehingga menghasilkan rumusan masalah: 1) Nilai-nilai sufistik apa saja yang terdapat dalam perilaku belajar kitab kuning pada diri santri yang telah menikah?. 2) Bagaimana upaya dalam mencapai nilai-nilai sufistik tersebut? Metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus Dalam penelitian ini melibatkan tiga orang subjek dan satu informan. Pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta keabsahan data diperoleh dari triangulasi sumber, triangulasi pengumpulan data, dan juga triangulasi waktu Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Nilai sufistik yang terdapat dalam perilaku belajar kitab kuning pada santri ini berupa sikap syukur, sabar, istiqomah, ikhlas, dan juga tolong menolong. 2). Upaya yang dilakukan untuk mencapai nilai sufistik ini teraplikasikan pada faktor pembawaan atau potensi batin dalam diri seseorang berupa kecenderungan, bakat, akal dan lain-lain. Selain itu upaya juga dapat dicapai dengan adanya dukungan dari lingkungannya terutama keluarga dalam mendukung kegiatan santri serta keinginan untuk mencapai suatu tujuannya dalam mencari ilmu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Tasawuf Psikoterapi
Depositing User: 17303153006 NISYA'UL MAHMUDAH
Date Deposited: 01 Nov 2019 02:39
Last Modified: 01 Nov 2019 02:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13663

Actions (login required)

View Item View Item