STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR'AN DENGAN METODE THORIQOTY SISWA SDI MA'ARIF PLOSOKEREP KOTA BLITAR

Nova Aulia Qoyuma, 17205153261 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR'AN DENGAN METODE THORIQOTY SISWA SDI MA'ARIF PLOSOKEREP KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (406kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (522kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Nova Aulia Qoyuma, 17205153261, 2019. Strategi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an dengan Metode Thoriqoty Siswa SDI Ma’arif Plosokerep Kota Blitar. SKRIPSI Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Saiful Bahri, S.Ag., M.Pd.I. Kata kunci : Kualitas membaca Al-Qur’an, Metode Thoriqoty. Al-Qur’an merupakan kitab suci dan pedoman umat Islam yang diturunkan Allah swt kepada Nabi Muhammad saw. Membaca Al-Qur’an memiliki keutamaan tersendiri dan merupakan suatu perbuatan yang sangat disenangi oleh Allah. Siswa pada zaman sekarang perlu untuk dididik lebih dalam tentang pembelajaran Al-Qur’an terutama cara membacanya dengan baik dan benar. Terdapat sebuah metode untuk memudahkan dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar serta sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, metode tersebut adalah metode Thoriqoty. Karena hal tersebut peneliti tertarik untuk membahasnya dalam pembuatan karya ilmiah berupa skripsi dengan judul Strategi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an dengan Metode Thoriqoty Siswa SDI Ma’arif Plosokerep Kota Blitar. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an dengan metode Thoriqoty di SDI Ma’arif Plosokerep ? (2) Bagaimana perencanaan metode Thoriqoty dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an siswa SDI Ma’arif Plosokerep ? (3) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an dengan metode Thoriqoty di SDI Ma’arif Plosokerep ? Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an dengan metode Thoriqoty siswa di SDI Ma’arif Plosokerep Kota Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan perencanaan metode Thoriqoty dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an siswa di SDI Ma’arif Plosokerep Kota Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an dengan metode Thoriqoty siswa di SDI Ma’arif Plosokerep Kota Blitar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Dalam melakukan pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi dan wawancara penulis gunakan untuk memperoleh data terkait strategi guru dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an dengan metode Thoriqoty dalam peran guru, perencanaan, serta faktor penghambat dan faktor pendukungnya. Sedangkan untuk metode dokumentasi digunakan penulis untukmenggali data tentang profil sekolah, data guru dan siswa, kegiatan sekolah dan lainnya. Teknik analisis data yang dilakukan peneliti adalah (1) Reduksi data (2) Penyajian data, (3) Penarikan kesimpulan. Dan untuk pengecekan keabsahan yang dilakukan oleh peneliti yaitu (1) Perpanjangan pengamat, (2) Triangulasi sumber, (3) Menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran guru merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Thoriqoty. Guru berperan sebagai pengajar yang bertujuan untuk membuat siswa memahami materi, guru juga dituntut lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan materi pembelajaran. Selain itu guru juga berperan sebagai pembimbing yang akan membimbing siswa mencapai tujuan dan kompetensi yang usdah ditargetkan oleh sekolah sesuai dengan kurikulum. (2) Perencanaan metode Thoriqoty meliputi menyiapkan perangkat pembelajaran dan menyusun perencanaan pembelajaran yang di dalamnya terdapat perumusan tujuan, pengalaman belajar, kegiatan belajar mengajar, orang-orang yang terlibat, bahan dan alat pembelajaran, fasilitas fisik, serta evaluasi. Perencanaan tersebut bertujuan untuk memaksimalkan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Thoriqoty sehingga kualitas membaca Al-Qur’an siswa dapat meningkat sesuai dengan target dan tujuan. (3) Faktor penghambat dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Thoriqoty di SDI Ma’arif yaitu faktor kemampuan dasar siswa yang berbeda-beda. Selain itu faktor lingkungan yang mungkin siswa bukan berasal dari lingkungan santri yang keseluruhan orangnya memahami Al-Qur’an. Dan juga faktor latar belakang pendidikan orangtua yang tidak pernah mempelajari Al-Qur’an apalagi membaca Al-Qur’an dengan metode Thoriqoty. Untuk faktor pendukung dari pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Thoriqoty yaitu berasal dari kemauan diri senidri untuk bisa dan mampu membaca Al-Qur’an dengan fasih serta memahami ilmu tajwidnya. Selain itu juga faktor keluarga yang mendukung adanya pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Thoriqoty.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S.Pd 17205153261 Nova Aulia Qoyuma
Date Deposited: 15 Nov 2019 07:38
Last Modified: 15 Nov 2019 07:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13616

Actions (login required)

View Item View Item