STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGAMALAN NILAI-NILAI RELIGIUS DI SMK NU TULUNGAGUNG

Muchammad bahrun ni'am, 2811133167 (2019) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGAMALAN NILAI-NILAI RELIGIUS DI SMK NU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (331kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (264kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (363kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (642kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (362kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (656kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (491kB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (10kB)
[img] Text
KEPUSTAKAAN.pdf

Download (239kB)

Abstract

ABSTRAK Nama: Muchammad Bahrun Ni’am. NIM: 2811133167. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Fakultas: Tarbiyah. Jurusan: Pendidikan Agama Islam. Judul: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengamalan Nilai-nilai Religius di SMK NU Tulungagung. Pembimbing: Dr. H. Masduki, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Pengamalan Nilai-niai Religious. Pengamalan nilai-nilai keagamaan bagi anak-anak di SMK NU Tulungagung dikemas dalam seluruh konteks pembelajaran. Pengertiannya bahwa dalam pembelajaran, aspek aplikasi nilai-nilai keagamaan menjadi basisnya, misalnya nilai tauhid suatu nilai yang bersifat absolute, tidak berubah oleh sebab pengaruh apapun. Nilai ini berbentuk nilai-nilai seperti kebenaran, keadilan, kasih sayang kesabaran, perpaduan, kebaikan dan sebagainya. Selain nilai tauhid, nilai yang bersifat absolute adalah segi-segi ibadah mahdhah seperti halnya peningkatan ketaatan menjalankan ibadah shalat, puasa atau doa dan dzikir diupayakan agar menjadi suatu kebiasaan sehari-hari bagi anak-anak, demikian halnya dengan muamalah yang bersifat lebih lentur dan elegan juga diupayakan pengamalannya, misalnya dalam konteks hubungan dengan sesama siswa, hubungan dengan guru, bahkan juga hubungan dengan lingkungan alam sekitarnya. Guru dalam konstelasi pembelajaran di masyarakat masih merupakan bagian terpenting yang tidak dapat dipisahkan dengan peserta didik. Ini artinya bahwa posisi guru sangat menentukan dalam pembelajaran peserta didik sehingga tidak bisa digantikan oleh apa dan siapapun. Dengan demikian keberhasilan pembelajaran peserta didik sangat bergantung dari bagaimana komitmen guru dalam mempolakan pembelajarannya di sekolah. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam kegiatan pembelajaran dengan demikian menjadi sangat penting artinya bagi peserta didik. Guru Pendidikan Agama Islam tidak bisa mengesampingkan seberapa besar peranan strategi pembelajaran jika berkeinginan mencapai keberhasilan yang relatif baik. Fokus Penelitian: (1). Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam pengamalan nilai-nilai tauhid seperti halnya nilai kebenaran, keadilan, kasih sayang, kebaikan dan keindahan di SMK NU Tulungagung?, (2). Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam pengamalan nilai-nilai ibadah mahdhah seperti halnya ibadah shalat, puasa, doa, dan dzikir di SMK NU Tulungagung?, dan (3). Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam pengamalan nilai-nilai ibadah muamalah misalnya nilai-nilai dalam hubungan dengan sesama peserta didik, terhadap guru, dan terhadap lingkungan masyarakatnya di SMK NU Tulungagung?. Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1). Strategi guru pendidikan agama Islam dalam pengamalan nilai-nilai tauhid seperti halnya nilai kebenaran, keadilan, kasih sayang, kebaikan dan keindahan di SMK NU Tulungagung. (2). Strategi guru pendidikan agama Islam dalam pengamalan nilai-nilai ibadah mahdhah seperti halnya ibadah shalat, puasa, doa, dan dizikir di SMK NU Tulungagung. (3). Strategi guru pendidikan agama Islam dalam pengamalan nilai-nilai ibadah muamalah misalnya nilai-nilai dalam hubungan dengan sesama peserta didik, terhadap guru, dan terhadap lingkungan masyarakatnya di SMK NU Tulungagung. Metode Penelitian: (1). Pendekatan: Kualitatif. (2). Lokasi Penelitian: SMK NU Tulungagung di desa Moyoketen Boyolangu. (3). Sumber Data: a. Data Primer: Guru Pendidikan Agama Islam, Kepala sekolah, Guru, Peserta Didik. B. Data Sekunder: Dokumentasi Sekolah. (4). Teknik Pengumpulan Data: observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi. (5). Teknik Analisa Data: Analisis Induktif. Hasil Penelitian: Strategi guru pendidikan agama Islam dalam pengamalan nilai-nilai tauhid seperti halnya nilai kebenaran, keadilan, kasih sayang, kebaikan dan keindahan di SMK NU Tulungagung diterapkan melalui pembelajaran di kelas, penanaman sikap disiplin, penerapan pembelajaran yang berkeadilan dan pembelajaran terpadu antara berbagai mata pelajaran. Strategi guru pendidikan agama Islam dalam pengamalan nilai-nilai ibadah mahdhah seperti halnya ibadah shalat, puasa, doa, dan dzikir di SMK NU Tulungagung diterakan dengan pembelajaran di kelas, penggunaan berbagai metode pembelajaran yang sesuai, tanggap peristiwa, keteladanan, kolaborasi guru Pendidikan agama Islam dengan Guru Guidance and counseling, serta shalat berjamaah. Strategi guru pendidikan agama Islam dalam pengamalan nilai-nilai ibadah muamalah misalnya nilai-nilai dalam hubungan dengan sesama peserta didik, terhadap guru, dan terhadap lingkungan masyarakatnya di SMK NU Tulungagung diterapkan dengan pembelajaran klasikal, pengembangan empati anak, gotong royong/kerja bakti, melibatkan peserta didik dalam berbagai even serta pembelajaran dalam satu team.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Skripsi 2811133167 Muchammad bahrun ni'am
Date Deposited: 18 Oct 2019 02:40
Last Modified: 18 Oct 2019 02:40
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/13576

Actions (login required)

View Item View Item