PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SD ISLAM LUKMANUL HAKIM KADEMANGAN BLITAR

MUJI RAHAYU, 17205153314 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SD ISLAM LUKMANUL HAKIM KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (133kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Islam Lukmanul Hakim Kademangan Blitar, ini ditulis oleh Muji Rahayu, NIM 17205153314 dibimbing oleh Dr. Adi Wijayanto., S.Or.,S,Kom.,MPd.,AIFO Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament , Keaktifan belajar dan Hasil Belajar Skripsi yang membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap keaktifan dan hasil belajar IPA peserta didik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran IPA yang digunakan masih bersifat konvensional. Hal ini dapat menimbulkan kejenuhan dalam proses pembelajaran dan menimbulkan keaktifan dan hasil belajar siswa kurang optimal. Selain itu, kebanyakan guru mendominasi dalam proses belajar dan peserta didik menjadi pasif. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Menjelaskan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap keaktifan belajar IPA peserta didik kelas V SD Islam Lukmanul Hakim Kademangan Blitar. 2) Menjelaskan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V SD Islam Lukmanul Hakim Kademangan Blitar. 3) Menjelaskan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap keaktifan dan hasil belajar IPA peserta didik kelas V SD Islam Lukmanul Hakim Kademangan Blitar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Exsperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Islam Lukmanul Hakim Kademangan Blitar. Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah siswa kelas V A dan kelas V B. dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan angket dan post test yang berfungsi untuk mengetahui nilai keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Teknik analisis data menggunakan metode observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Manova, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini adalah, (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap keaktifan, hasilnya diperoleh dari nilai Sig. < 0,05, nilai signifikansi sebesar 0,000 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh model pemeblajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap keaktifan belajar peserta didik SD Islam Lukmanul Hakim Kademangan Blitar. (2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar, hasilnya diperoleh dari nilai Sig. < 0,05, nilai signifikansinya sebesar 0,000 maka Ho ditolak Ha diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V SD Islam Lukmanul Hakim Kademangan Blitar . Hal ini diperkuat dengan perbedaan rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata kelas eksperimen 86,4 dan rata-rata kelas control sebesar 68,52. (3) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap keaktifan dan hasil belajar IPA, hasilnya diperoleh dari nilai signifikansi kurang dari 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153314 MUJI RAHAYU
Date Deposited: 18 Oct 2019 07:10
Last Modified: 18 Oct 2019 07:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13557

Actions (login required)

View Item View Item