STRATEGI MENGHAFAL Al-QUR’AN SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN MENARA AL-FATTAH MANGUNSARI TULUNGAGUNG

HILDA ZULAIKA, 17201153510 (2019) STRATEGI MENGHAFAL Al-QUR’AN SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN MENARA AL-FATTAH MANGUNSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (546kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (616kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Menghafal Al-Qur’an santri putri di Pondok Pesantren Menara Al-Fattah Mangunsari Tulungagung”, ini ditulis oleh Hilda Zulaika, NIM 17201153510. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Susanto, S.S, M.Pd. NIP. 197308311999031002. Kata Kunci: Strategi, Menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa strategi menghafal merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan dalam proses menghafal Al-Qur’an santri. Terkait hal tersebut, santri tahfidz di Pondok Pesantren Menara Al-Fattah Mangunsari Tulungagung menggunakan strategi menghafal Al-Qur’an sesuai kemampuan yang dimiliki para santri. Lembaga tidak mewajibkan santri menggunakan strategi yang diterapkan pesantren. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi dalam menghafal Al-Qur’an oleh santri putri di Pondok Pesantren Menara Al-Fattah Mangunsari Tulungagung? (2) Bagaimana hambatan dan solusi dalam pelaksanaan strategi menghafal Al-Qur’an santri putri di Pondok Pesantren Menara Al-Fattah Putri Mangunsari Tulungagung? (3) Bagaimana dampak dari strategi yang digunakan oelh santri putri terhadap keberhasilan menghafal AlQur’an di Pondok Pesantren Menara Al-Fattah Mangunsari Tulungagung?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk memaparkan strategi menghafal Al-Qur’an santri putri di Pondok Pesantren Putra Menara Al-Fattah Putri Mangunsari Tulungagung; 2) Untuk mengolaborasi hambatan dan solusi dalam pelaksanaan strategi menghafal Al-Qur’an santri putri di Pondok Pesantren Putra Menara Al-Fattah Putri Mangunsari Tulunggaung. 3) Menjelaskan dampak dari strategi yang digunakan oleh santri putri terhadap keberhasilan menghafal AlQur’an di Pondok Pesantren Menara Al-Fattah Mangunsari, Tulungagung. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Menara Al-Fattah putri Mangunsari, Tulungagung. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan teknik reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi menghafal Al-Qur’an santri putri di Pondok Pesantren Menara Al-Fattah Mangunsari Tulungagung adalah menghafal dengan tidak beralih pada ayat berikutnya sebelum ayat yang dihafal benar-benar hafal, menghafal per ayat disertai dengan melihat arti, menghafal per ayat dan strategi campuran yakni mendengarkan murotal, kemudian membaca ayat-perayat sampai lancar kemudian dihafalkan keseluruhan, dengan bentuk pelaksanaan yang diterapkan di Pondok Pesantren Putra Menara Al-Fattah putri Mangunsari Tulungagung yaitu: sorogan wajib, sema’an wajib dan deresan wajib. Di pondok pesantren ini santri tahfidz dibebaskan dalam menggunakan strategi menghafal Al-Qur’an sesuai dengan kemampuan santri. (2) Faktor yang menghambat dalam proses penggunaan strategi menghafal adalah gangguan dari dalam diri sendiri dan banyaknya ayat-ayat yang serupa tetapi tidak sama. Solusi dalam mengatasi faktor penghambat tersebut yaitu niat yang benar dan ikhlas, motivasi diri dan mengulang-ulang hafalan Al-Qur’an (takrir hafalan) dengan teratur. (3) Dampak dari penggunaan strategi terhadap keberhasilan menghafal Al-Qur’an santri putri adalah santri dapat dengan mudah menghafal karena strategi berasal dari santri sendiri dan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153510 HILDA ZULAIKA
Date Deposited: 28 Nov 2019 03:02
Last Modified: 28 Nov 2019 03:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13554

Actions (login required)

View Item View Item