PENGARUH PENDIDIKAN FORMAL DAN NON FORMAL TERHADAP SIKAP BERAGAMA SISWA DI SMP NEGERI 1 GONDANG TULUNGAGUNG DAN SMP NEGERI 3 BLITAR

KHOLIDAH ZUHA, 12506174034 (2019) PENGARUH PENDIDIKAN FORMAL DAN NON FORMAL TERHADAP SIKAP BERAGAMA SISWA DI SMP NEGERI 1 GONDANG TULUNGAGUNG DAN SMP NEGERI 3 BLITAR. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (966kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (274kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (172kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (518kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengaruh Pendidikan Formal dan Non Formal terhadap Sikap Beragama Siswa di SMP Negeri 1 Gondang dan SMP Negeri 3 Blitar” ini ditulis oleh Kholidah Zuhajurusan Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Tulungagung dengan Pembimbing Dr.Ahmad Tanzeh, M.Pd.I dan Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd Kata Kunci: Pendidikan Formal, Pendidikan non Formal, Sikap Beragama Penelitian dalam Tesis ini dilatar belakangi oleh fenomena semakin merosotnya sikap yang dimiliki oleh masyarakat terutama para remaja. Sikap luhur yang diwariskan oleh nenek moyang kini telah tergerus dengan adanya kemajuan IT yang sangat pesat. Tidak hanya sikap luhur bangsa Indonesia namun juga sikap beragama yang telah diajarkan oleh Rasulullah saw perlahan mulai pudar dan lebih memilih budaya dan tradisi barat yang sangat bertentangan dengan budaya bangsa Indonesia dan ajaran Islam. Pendidikan di sekolah merupakan salah satu titik tekan yang diharapkan mampu menumbuhkan dan mengembangkan bahkan menjaga sikap beragama yang baik. Pendidikan yang diajarkan di sekolah tidak hanya berkaitan dengan materi saja namun disertai dengan pembiasaan-pembiasaan yang baik. Apalagi pendidikan agama Islam tidak hanya didapatkan di sekolah formal saja, namun di sekolah non formal seperti madrasah atau pondok pesantren merupakan pusat kajian pendidikan agama Islam yang lebih mendalam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah terdapat pengaruh antara pendidikan formal terhadap sikap beragama siswa di SMP Negeri 1 Gondang dan SMP Negeri 3 Blitar? (2)Apakah terdapat pengaruh antara pendidikan non formal terhadap sikap beragama siswa di SMP Negeri 1 Gondang dan SMP Negeri 3 Blitar? (3) Apakah terdapat pengaruh secara bersama-sama antara pendidikan formal dan non formal terhadap sikap beragama siswa di SMP Negeri 1 Gondang dan SMP Negeri 3 Blitar? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan formal terhadap sikap beragama siswa di SMP Negeri 1 Gondang dan SMP Negeri 3 Blitar, (2) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan non formal terhadap sikap beragama siswa di SMP Negeri 1 Gondang dan SMP Negeri 3 Blitar, (3) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan formal dan non formal secara bersama-sama terhadap sikap beragama siswa di SMP Negeri 1 Gondang dan SMP Negeri 3 Blitar, Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalahseluruh siswa kelas 7SMP Negeri 1 Gondang sebanyak 370 dan di SMP Negeri 3 Blitar sebanyak 313. Kemudian sampel dari masing-masing sekolah adalah 79 dan 76 responden. Jadi dari kedua responden tersebut seluruh sampel yang akan diambil berjumlah 155 responden. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan formal terhadap sikap beragama. Hal ini ditunjukkan dengan nilai fhitung sebesar 13.802 > ftabel 3.06. Selain itu taraf signifikansi berada pada 0.00 < probabilitas 0.05. Maka Ha diterima dan Ho ditolak, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan non formal terhadap sikap beragama. Hal ini ditunjukkan dengan nilai fhitung sebesar 9.882 > ftabel 3.06. Selain itu taraf signifikansi berada pada 0.04 < probabilitas 0.05. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. (3) Terdapat pengaruh pengaruh yang signifikan antara pendidikan formal dan pendidikan non formal secara bersama-sama terhadap sikap beragama. Hal ini ditunjukkan dengan nilai fhitung sebesar 9.535 > ftabel 3.06. Selain itu taraf signifikansi berada pada 0.00 < probabilitas 0.50. Maka Ha diterima dan Ho ditolak

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kholidah 2811133122 Zuha
Date Deposited: 18 Oct 2019 03:39
Last Modified: 18 Oct 2019 03:39
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/13552

Actions (login required)

View Item View Item