PERANAN GURU DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK DI MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019

MOCHAMMAD IQBAL HIDAYATALLOH, 17201153270 (2019) PERANAN GURU DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK DI MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (482kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)

Abstract

ABSTRAK Mochamad Iqbal Hidayatalloh, NIM. 17201153270, Peranan Guru dalam Membina Akhlak Peserta Didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, 2019, Pembimbing Drs. H. Munardji, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru, Akhlak Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kasus penyimpangan moral yang dialami oleh anak-anak khususnya meraka yang mulai beranjak usia remaja, penyimpangan ini didukung oleh kemajuan teknologi serta kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya. Kebebasan dalam mengakses informasi seringkali disalah gunakan oleh anak yang mayoritas penasaran akan hal-hal baru, orang tua yang kurang pengawasan mengakibatkan perilaku anak menjadi arogan dan cenderung sulit untuk diatur. Sekolah dianggap sebagai lembaga yang paling berperaan dalam proses pembentukan mental, kepribadian, serta spiritual selain itu sekolah dijadikan pilihan utama orang tua untuk membentuk akhlak anak seperti yang telah disyariatkan oleh agama. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peranan guru dalam membina akhlak peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Bakung Udanawu Blitar?, 2) Bagaimana hambatan guru dalam membina akhlak peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Bakung Udanawu Blitar?, 3) Bagaimana dampak bagi guru dalam membina akhlak peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Bakung Udanawu Blitar?, Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan peranan guru dalam membina akhlak peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Bakung Udanawu Blitar, 2) Untuk mendeskripsikan hambatan guru dalam membina akhlak peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Bakung Udanawu Blitar, 3) Untuk mendeskripsikan dampak bagi guru dalam membina akhlak peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peranan guru didalam pembentukan akhlak adalah sebagai motivator, konselor, inovator, organisator. 2) Hambatan yang dialami oleh guru adalah a) materi yang diperoleh siswa tidak samarata dikarenakan ada sebagian siswa yang harus mengikuti program tambahan guna menunjang perbaikan akhlak, b) banyaknya siswa menjadikan kurang meratanya perhatian yang diperoleh setiap individu c) terdapat sebagian siswa yang masih terlambat masuk. 3) Dampak bagi guru adalah siswa lebih sopan santun, efesiensi dalam pembelajaran karena siswa sudah mampu mengkondisikan sikap dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153270 MOCHAMAD IQBAL HIDAYATALLOH
Date Deposited: 02 Oct 2019 06:43
Last Modified: 08 Apr 2020 02:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13502

Actions (login required)

View Item View Item