Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Hasil Belajar Matematika Siswa Tunagrahita Di SLB B.C.D Ngudi Hayu Togogan Srengat Blitar. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung

Nuzula, Weny Firdausin (2014) Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Hasil Belajar Matematika Siswa Tunagrahita Di SLB B.C.D Ngudi Hayu Togogan Srengat Blitar. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover, dftr isi, kt. pengantar, persembahan, abstrak,.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Peran Guru, Siswa Tunagrahita. Penelitian dalam skripsi ini bahwa pendidikan diharapkan memberikan pengetahuan yang memungkin orang dapat mengatasi masalah-masalah kehidupan dalam tugas-tugas professional dan dalam kehidupan sehari-hari. Kewajiban guru dalam tugas mendidik dan mengajarkan murid-muridnya salah satunya adalah berupa mempunyai komitmen secara professional untuk meningkatkan mutu pendidikan. Khususnya bagi anak yang memiliki kelainan yaitu anak tunagrahita. Anak tunagrahita memilki kelemahan intelektual dalam hal yang abstrak. Padahal di kehidupan kita tidak terlepas dari matematika. Dalam hal ini peran, kreatifitas dan perhatian guru di harapkan dapat menuntaskan permasalahan yang dihadapi anak tunagrahita dalam belajar matematika. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan peran guru sebagai demonstrator dalam mengoptimalkan hasil belajar matematika bagi siswa tunagrahita di SLB B.C.D Ngudi Hayu Togogan Srengat Blitar.2) Untuk mendiskripsikan peran guru sebagai pembimbing dan sumber belajar dalam mengoptimalkan hasil belajar matematika bagi siswa tunagrahita di SLB B.C.D Ngudi Hayu Togogan Srengat Blitar.Untuk mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengoptimalkan hasil belajar matematika bagi siswa tunagrahita di SLB B.C.D Ngudi Hayu Togogan Srengat Blitar. 3) Untuk mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengoptimalkan hasil belajar matematika bagi siswa tunagrahita di SLB B.C.D Ngudi Hayu Togogan Srengat Blitar. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif, dengan demikian kehadiran peneliti dilapangan sangat penting dan diperlukan secara optimal. Lokasi penelitian ini terletak di SLB B.C.D Ngudi Hayu Togogan Srengat Blitar, adapun data yang peneliti dapatkan berasal dari hasil observasi, wawancara yang mendalam kepada kepala sekolah, guru bagi siswa tunagrahitadan orang tua siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Peran yang dilakukan guru sebagai demonstrator dalam mengoptimalkan hasil belajar matematika adalah dengan menggunakan alat peraga dalam penyampaian materi pembelajaran. 2) Peran yang dilakukan guru sebagai pembimbing dalam mengoptimalkan hasil belajar matematika adalah dengan memberikan perhatian dan kasih sayang agar siswa merasa nyaman dalam penerimaan materi yang di ajarkan terhadap siswa, sedangkan peran guru sebagai sumber belajar adalah meningkatkan penguasaan materi yang akan diajarkan, guru harus banyak referensi agar memudahkan siswa untuk menerima materi yang diberikan. 3) Sedangkan faktor pendukung adalah xvi tersedianya alat peraga, sarana prasarana yang menunjang, pemberian tugas rumah dan selalu di beri motivasi berupa pujian dan penghambat. Adapun faktor penghambat yang dihadapi guru adalah jika anak ngambek atau mogok belajar, jika anak hiperaktif selalu menggoda temannya, kesibukan orang tua yang tidak bisa mengantarkan anaknya ke sekolah, anak sering tidak masuk sekolah dan tidak adanya alat peraga dalam proses belajar mengajar matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 05 Nov 2014 06:20
Last Modified: 05 Nov 2014 06:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/135

Actions (login required)

View Item View Item