PERAN MGMP MATEMATIKA DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU (Studi Multikasus SMPN 1 Sumbergempol dan MTs N 1 Tulungagung)

SEVIA UMI WARDINI, 1751154030 (2019) PERAN MGMP MATEMATIKA DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU (Studi Multikasus SMPN 1 Sumbergempol dan MTs N 1 Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (364kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (513kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (211kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Peran MGMP Matematika dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru (Studi Multikasus SMPN 1 Sumbergempol dan MTs N 1 Tulungagung)” ini ditulis oleh Sevia Umi Wardini, dengan dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. dan Dr. Asrop Syafi’i, M.Ag. Kata Kunci : MGMP Matematika, Profesionalisme Guru, Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena peran guru sebagai kunci utama dari penyelenggaraan pendidikan. Maka guru idealnya memiliki kompetensi profesionalisme. Sebab, transformasi pengetahuan berawal dari guru kepada peserta didik. Untuk mengembangkan profesionalisme guru tersebut, salah medianya adalah melalui organisasi keprofesian. Salah satunya yakni MGMP Matematika. maka, peran apa sajakah yang disajikan oleh MGMP Matematika dalam mengembangkan profesionalisme guru Matematika. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini: (1) Bagaimana peran MGMP matematika sebagai reformator dalam classroom reform pada lembaga pendidikan SMPN 1 Sumbergempol dan MTs N 1 Tulungagung? (2) Bagaimana peran MGMP matematika sebagai mediator pada lembaga pendidikan di SMPN 1 Sumbergempol dan MTs N 1 Tulungagung? (3) Bagaimana peran MGMP matematika sebagai supporting agency pada lembaga pendidikan di SMPN 1 Sumbergempol dan MTs N 1 Tulungagung? Tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Tesis ini bermanfaat bagi peneliti, secara teoritis; memperkaya teori tentang peran MGMP secara umum. Secara praktis; meningkatkan wawasan pengetahuan mengenai peran MGMP Matematika dalam mengembangkan profesionalisme guru. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Peran MGMP matematika sebagai reformator dalam classroom reform pada lembaga pendidikan, dengan menciptakan pembelajaran efektif sebagai proses perbaikan pembelajaran, melalui bedah standar kompetensi lulusan, pembuatan modul sebagai buku penunjang siswa, buku bimbingan belajar dan perangkat pembelajaran serta dengan metode pembelajaran yang bervariatif. (2) Peran MGMP matematika sebagai mediator pada lembaga pendidikan, dengan melakukan peningkatan kompetensi guru melalui diskusi teman sejawat, dan menghadirkan tenaga ahli dibidangnya, agar guru dapat mengajar sesuai dengan kurikulum dan sistem pengujian yang telah ditetapkan oleh pemerintah serta sarana pertukaran informasi. (3) Peran MGMP matematika sebagai supporting agency pada lembaga pendidikan, dengan pengelolaan kelas yang lebih efektif, dengan pengaplikasian metode pembelajaran terbaru, pemanfaatan teknologi informasi dan penguatan sumberdaya manusia melalui workshop dan pelatihan. Membantu manajemen sekolah dalam pengembangan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan terbaru dan yang lebih aplikatif, dan sistem pengujian kompetensi guru, pendampingan guru serta persiapan dalam ujian nasional, sehingga diharapkan mampu memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1751154030 SEVIA UMI WARDINI
Date Deposited: 17 Sep 2019 01:27
Last Modified: 17 Sep 2019 01:27
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/13424

Actions (login required)

View Item View Item