STRATEGI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL – QUR’AN PESERTA DIDIK (Studi Multisitus di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung dan SMK Sore Tulungagung)

MIFTAKHURROHMAH, 12506174045 (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL – QUR’AN PESERTA DIDIK (Studi Multisitus di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung dan SMK Sore Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Pembelajaran Baca dan Tulis al-Qur’an dalam Mengembangkan Ketrampilan Membaca al-Qur’an Peserta Didik (Studi Multisitus di SMAN 1 Kauman Tulungagung dan SMK Sore Tulungagung).” yang ditulis oleh Miftakhurrohmah, NIM. 12506174045 , dosen pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M. Pd dan Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M.Ag. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an, Ketrampilan Membaca al-Qur’an. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa saat ini banyak guru Pendidikan Agama Islam yang lebih mengutamakan penyampaian materi saja tanpa memperhatikan perkembangan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an. Padahal al-Qur’an merupakan sumber dari berbagai macam aspek pendidikan dan dijadikan sebagai pedoman hidup baik didunia maupun diakhirat yang penting sekiranya diajarkan kepada peserta didik. Tetapi di lokasi penelitian yang peneliti lakukan yaitu di SMAN 1 Kauman Tulungagung dan SMK Sore Tulungagung memiliki strategi khusus dalam menangani hal tersebut yakni dengan cara menyusun perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran yang diharapkan mampu mengembangkan ketrampilan membaca al-Qur’an peserta didik. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana program pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an dalam mengembangkan ketrampilan membaca al-Qur’an peserta didik di SMAN 1 Kauman Tulungagung dan SMK Sore Tulungagung? (2) Bagaimana proses pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an dalam mengembangkan ketrampilan membaca al-Qur’an peserta didik di SMAN 1 Kauman Tulungagung dan SMK Sore Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an dalam mengembangkan ketrampilan membaca al-Qur’an peserta didik di SMAN 1 Kauman Tulungagung dan SMK Sore Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan program pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an dalam mengembangkan ketrampilan membaca al-Qur’an peserta didik di SMAN 1 Kauman Tulungagung dan SMK Sore Tulungagung. (2) Mendiskripsikan proses pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an dalam mengembangkan ketrampilan membaca al-Qur’an peserta didik di SMAN 1 Kauman Tulungagung dan SMK Sore Tulungagung. (3) Mendiskripsikan evaluasi pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an dalam mengembangkan ketrampilan membaca al-Qur’an peserta didik di SMAN 1 Kauman Tulungagung dan SMK Sore Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan dengan jenis pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian multisitus dengan lokasi di SMAN 1 Kauman Tulungagung dan SMK Sore Tulungagung, dan cara yang dilakukan untuk memperoleh data melalui, (1) Observasi (2) wawancara (3) dokumentasi. Kemudian menggunakan teknis analisis data dengan menggunakan (1) Analisis data kasus tunggal (2) Analisis Data Lintas Situs. Juga melaksanakan pengecekan kabsahan data dengan menggunakan (1) Ketekunan Pengamatan dan (2) Triangulasi. Tahap – Tahap Penelitian dilaksanakan dengan (1) Tahap Pra- Lapangan, (2) Tahap Pekerjaan Lapangan (3) dan tahap menganalisis data. Dari hasil penelitian ini, peliti mendapatkan kesimpulan bahwa Perencanaan pembelajaran membaca al-Qur’an dalam mengembangkan ketrampilan membaca al-Qur’an peserta didik. Dalam mengembangkan ketrampilan membaca al-Qur’an peserta didik tentunya guru memiliki perencanaan. Dalam perencanaan di SMAN 1 Kauman Tulunggaung dan SMK Sore Tulungagung, dimulai dengan cara mengidentifikasi kemampuan awal siswa, dari situ mampu menyusun metode, bahan ajar dan langkah – langkah yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Di SMK Sore secara terperinci guru menuliskan rencana tersebut kedalam silabus dan RPP. Perencanaan selanjutnya adalah bekerjasama dengan ektrakulikuler keagamaan yang ada disekolah dalam menjalankan program belajar membaca al-Qur’an diluar jam pelajaran. Perlaksanaan strategi pembelajaran bada dan tulis al-Qur’an dalam mengembangkan ketrampilan membaca al-Qur’an Peserta didik pembelajaran membaca al-Qur’an dalam mengembangkan ketrampilan membaca al-Qur’an peserta didik Dari hasil penelitian ini, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa : (1) Perencanaan pembelajaran yang diguanakn dalam mengambangkan ketrampilan peserta didik di SMAN 1 Kauman dan SMK Sore Tulungagung dilaksanakan melalui dua proses, yaitu pembelajaran pada saat jam pelajaran dan pembelajaran diluar jam pembelajaran. Pembelajaran saat waktu pembelajaran di SMAN 1 Kauman menggunakan metode Tilawati dengan media dan sumber belajarnya menggunakan kitab tilawati remaja, dan dilaksanakan dengan cara klasikal. Sedangkan di SMK Sore Tulungagung pembelajaran dilaksanakan seuai dengan yang telah direncanakan oleh guru. Pelaksanaan pembelajaran di luar jam pelajaran dilaksanakan denga cara bimbingan tutor sebaya yang dalam hal ini adalah peserta didik yang tergabung dalam ekstrakulikuler keagamaan. (2) Dalam pelaksaan pembelajaran di luar jam pelajaran ini di SMAN 1 Kauman menggolongkan siswa kedalam dua kelompok yaitu yang berada dikelas untuk anak yang sudah mampu membaca al-Qur’an dan di dalam masjid untuk anak yang masih belum lancar dalan membaca al-Qur’an. Evaluasi pembelajaran membaca al-Qur’an dalam mengembangkan ketrampilan membaca al-Qur’an peserta didik. Dan (1) Evaluasi yang digunakan dalam mengembangkan ketrampilan membaca al-Qur’an peserta didik di SMAN 1 Kauman Tulungagung dan SMK Sore Tulungagung adalah dengan cara melakukan penilaian formatif dan penilaian sumatif. Di SMAN 1 Kauman juga memberlakukan penilaian munaqosah untuk mengetehui sejauh mana perkembangan kemampuan membaca al-Qur’an siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506174045 MIFTAKHURROHMAH
Date Deposited: 13 Sep 2019 01:54
Last Modified: 13 Sep 2019 01:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13409

Actions (login required)

View Item View Item