Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV-A di MI Al-Huda Karangsari Rejotangan Tulungagung

Putrianingsih, Sri (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV-A di MI Al-Huda Karangsari Rejotangan Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SAMPUL DEPAN.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI.pdf

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (71kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Masalah, Penjumlahan Pecahan, Prestasi Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas IV-A di MI Al-Huda Karangsari Rejotangan Tulungagung. Hal itu disebabkan, karena ketidaksukaan siswa terhadap matematika yang menjadikan siswa kurang kreatif dalam menjawab pertanyaan dan lemah dalam penguasaan materi. Selain itu sebagian besar guru lebih suka menggunakan metode ceramah pada saat mengajar. Permasalahan lain yaitu siswa menyelesaikan soal penjumlahan pecahan menggunakan cara penyelesaiannya selalu dianggap sama dengan cara menyelesaikan operasi pada bilangan cacah. Dalam materi penjumlahan pecahan ini, peneliti mengunakan model pembelajaran berbasis masalah sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah ini diharapkan dapat memotivasi siswa menjadi senang belajar Matematika dan menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih baik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : 1) bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Matematika Materi pokok penjumlahan pecahan siswa kelas IV-A di MI Al-Huda Karangsari Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014?, 2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Matematika materi pokok penjumlahan pecahan siswa kelas IV-A di MI Al-Huda Karangsari Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014 ? Adapun tujuan penelitian dalam hal ini adalah : 1) Untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Matematika materi pokok penjumlahan pecahan siswa kelas IV-A di MI Al-Huda Karangsari Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014, 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Matematika materi pokok penjumlahan pecahan siswa kelas IV-A di MI Al-Huda Karngsari Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: tahap perencanan (plan), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap trefleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, xvii dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kelas IV-A MI Al-Huda Karangsari Rejotangan Tulungagung Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa memahami materi penjumlahan pecahan dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat diketahui pada keberhasilan penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah pada materi penjumlahan pecahan di kelas IV-A MI Al-Huda Karangsari Rejotangan Tulungagung. Dari analisis data diketahui bahwa pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah ini meningkat. Dari rata-rata hasil tes awal 48% meningkat menjadi 67,83 pada tes akhir tindakan siklus I, dan meningkat lagi pada tes akhir tindaka siklus II menjadi 86%. Tingkat ketuntasan belajar juga meningkat dari 10% pada tes awal, menjadi 65% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 90%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 05 Nov 2014 03:56
Last Modified: 05 Nov 2014 03:56
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/134

Actions (login required)

View Item View Item