Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X di MAN Tulungagung 1

Vevi Fatimah, Rika, (2012) Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X di MAN Tulungagung 1. [ Skripsi ]

[img] Text
bab 1 rev.doc

Download (80kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (171kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (306kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (42kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (886kB)
[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (42kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS), Prestasi belajar Aqidah Akhlak. LKS sebagai salah satu sumber belajar yang dapat dikembangkan oleh guru sebagai fasilitas dalam kegiatan pembelajaran. LKS yang disusun dapat dirancang dan dikembangkan sesuai dengan kondisi dan situasi kegiatan pembelajaran yang akan dihadapi. LKS juga merupakan media pembelajaran, karena dapat digunakan secara bersama dengan sumber belajar atau media pembelajaran yang lain. LKS menjadi sumber belajar dan media pembelajaran tergantung pada kegiatan pembelajaran yang dirancang. LKS merupakan salah satu sarana untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar sehingga akan terbentuk interaksi yang efektif antara peserta didik dengan guru dan dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam peningkatan prestasi belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah karakteristik Lembar Kerja Siswa yang memenuhi syarat untuk pencapaian tujuan pembelajaran Aqidah Akhlak kelas X di MAN Tulungagung 1?, (2) Apakah faktor pendukung dan penghambat penggunaan LKS dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MAN Tulungagung 1?, (3) Apakah ada pengaruh penggunaan LKS terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas X di MAN Tulungagung 1? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengidentifikasi karakteristik Lembar Kerja Siswa yang memenuhi syarat untuk pencapaian tujuan pembelajaran Aqidah Akhlak kelas X di MAN Tulungagung 1, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan LKS dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MAN Tulungagung 1, (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas X di MAN Tulungagung 1. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sample dalam penelitian berjumlah 84 orang peserta didik yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas X A sebagai kelas eksperimen dan kelas X B sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket , interview, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisa kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif yang digunakan adalah t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Karakteristik Lembar Kerja Siswa yang memenuhi syarat untuk pencapaian tujuan belajar adalah penyusunan materi dalam LKS tersebut sudah sesuai dengan kompetensi dasar yang terdapat dalam silabus Aqidah Akhlak, penyampaian materi dalam LKS sudah cukup lengkap, penyampaian materi LKS cukup jelas, penggunaan bahasa dalam LKS sudah baik dan benar, materi LKS sudah cukup mencakup segala aspek materi yang dibutuhkan peserta didik, materi dalam LKS mampu memenuhi kebutuhan belajar peserta didik, LKS kurang mampu menutupi kekurangan buku-buku panduan dan guru, LKS cukup mampu memberi tugas belajar peserta didik secara terarah, terpadu dan dinamis, langkah-langkah belajar peserta didik yang tersusun dalam LKS mempermudah peserta didik dalam proses belajarnya, LKS cukup mampu mengarahkan aktifitas belajar peserta didik dalam memecahkan persoalan, (2) Faktor pendukung penggunaan Lembar Kerja Siswa adalah dalam LKS tersebut tersaji materi secara lengkap sehingga cukup mewakili beberapa buku panduan, LKS tersebut cukup mampu mengarahkan belajar peserta didik sebelum mempelajari bahan dalam proses belajar mengajar, LKS tersebut cukup mampu membantu guru dalam mengarahkan aktifitas belajar peserta didik dalam memecahkan persoalan, LKS tersebut cukup mampu membantu guru dalam memantapkan pengalaman belajar peserta didik setelah proses belajar mengajar secara individual, LKS tersebut cukup murah bila ditinjau dari daya beli peserta didik, faktor penghambat: dari hasil penelitian ini tidak ditemukan adanya faktor penghambat penggunaan LKS di MAN Tulungagung 1, (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis data diketahui bahwa prestasi belajar peserta didik mata pelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan LKS memiliki rata-rata nilai lebih baik dibandingkan dengan tanpa menggunakan LKS. Rata-rata hasil post-test siswa pada kelas eksperimen sebesar 85,62 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 80,43. Hasil uji statistik yang diterapkan dalam penelitian ini diperoleh t hitung sebesar 4,68. Merujuk pada hasil analisis data penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Lembar Kerja Siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak Kelas X di MAN Tulungagung 1.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 09 Mar 2015 08:39
Last Modified: 09 Mar 2015 08:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1339

Actions (login required)

View Item View Item