STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN AKHLAQ AL-KARIMAH SISWA DI MTS SYAFI’IYAH BESUK PROBOLINGGO

Zainal Anwar, 1721143427 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN AKHLAQ AL-KARIMAH SISWA DI MTS SYAFI’IYAH BESUK PROBOLINGGO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (384kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (166kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Akhlak Al-Karimah Siswa di MTs Syafi’iyah Besuk Probolinggo” ini ditulis oleh Zainal Anwar, NIM. 1721143427, Pembimbing Dr. Fathul Mujib M.Ag. Kata Kunci : Strategi, Akhlakul Karimah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin merosotya nilai-nilai moral dan akhlakul karimah seiring dengan perkembangan zaman, sehingga perlu adanya pembinaan akhlakul karimah kepada siswa di lembaga pendidikan. Sehingga siswa dapat membentengi diri dari pengaruh buruk lingkungan dan tetap berakhlakul karimah dengan selalu berakhlakul karimah kepada Allah SWT, berakhlakul karimah kepada sesama manusia dan berakhlakul karimah kepda alam sekitar. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan akhlak Al-Karimah siswa kepada Allah di MTs Syafi’iyah Besuk.? (2) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan akhlak Al-Karimah siswa kepada sesama manusia di MTs Syafi’iyah Besuk? (3) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan akhlak Al-Karimah siswa kepada lingkungan.? Penelitian ini bermanfaat bagi kepala sekolah hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi kepala sekolah dalam mengambil kebijakan untuk meningkatkan akhlakul karimah pada siswa, bagi pendidik hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi bagi guru dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa, dan bagi praktisi pendidikan hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan motivasi untuk ikut serta dalam peningkatan akhlakul karimah siswa. Metode yang digunakan dalam skripsi ini (1) pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan studi kasus, (2) kehadiran peneliti di lapangan sebagai instrumen kunci dalam mengumpulkan data, (3) tempat penelitian adalah MTs Syafi’iyah Besuk, (4) Sumber data penelitian yaitu narasumber, peristiwa/aktivitas, lokasi penelitian, dan dokumen/arsip, (5) teknik pengumpulan data dalam penelitian ini wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi, (6) teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, (7) pengecekan keabsahan data pada penelitian ini meliputi kepercayaan, transferability, dependability, dan konfirmability Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa : (1) Strategi guru dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa kepada Allah SWT di MTs Syafi’iyah Besuk yaitu dengan memberikan penjelasan mengenai akhlakul karimah kepada Allah SWT dan memberikan teladan untuk berakhlakul karimah kepada Allah SWT dengan mengajarkan kepada siswa tentang kewajiban untuk beribadah dengan melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. (2) Dalam proses pembelajarannya, Strategi guru dalam meningkatkan akhlakul karimah kepada sesama manusia di MTs Syafi’iyah Besuk yaitu dengan memberikan penjelasan mengenai akhlakul karimah kepada sesama manusia dan memberikan teladan untuk berakhlakul karimah kepada sesama manusia. (3) Strategi guru dalam meningkatkan akhlakul karimah kepada lingkungan di MTs Syafi’iyah Besuk yaitu dengan memberikan penjelasan kepada siswa tentang kedudukan manusia sebagai khalifah di muka bumi sehingga harus menjaga kelestarian alam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Skirpsi 17104153113 Abdurrahman Hakim
Date Deposited: 04 Sep 2019 07:58
Last Modified: 04 Sep 2019 07:58
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/13298

Actions (login required)

View Item View Item