KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMPN 2 KAUMAN TULUNGAGUNG SEMESTER II TAHUN AJARAN 2018/2019

DEVI FAIZA TURROFIAH, 17204153199 (2019) KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMPN 2 KAUMAN TULUNGAGUNG SEMESTER II TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (607kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (152kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Teori Polya Materi Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kauman Tulungagung” ini ditulis oleh Devi Faiza Turrofiah, NIM 17204153199, pembimbing: Dr. Sutopo, M.Pd. Kata kunci: Kemampuan Menyelesaikan Soal, Teori Polya, Materi Aritmetika Sosial Matematika merupakan ilmu dasar bagi perkembangan ilmu pengetahuan lainnya. Salah satu materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi aritmetika sosial dalam bab persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel untuk siswa Sekolah Menengah Pertama. Kebanyakan siswa mengalami kesulitan dalam operasi matematika, utamanya dalam operasi perkalian dan pembagian. Kondisi tersebut dapat diatasi dengan upaya pembenahan dalam pelaksanaan pembelajaran. Dalam hal ini, guru diminta untuk memilih dan menggunakan model pembelajaran yang dapat membawa perubahan bagi peserta didiknya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) Kemampuan menyelesaikan soal siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal pada materi aritmetika sosial berdasarkan teori Polya, 2) Apa sajakah kesalahan siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal kemampuan menyelesaikan soal pada materi aritmetika sosial berdasarkan teori Polya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang di ambil yaitu kelas VIII-G, dalam penggumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Metode tes untuk memperoleh data tentang kemampuan menyelesaikan soal siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal pada materi aritmetika sosial berdasarkan teori Polya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaiakan materi aritmetika sosial adalah: (1) Kemampuan menyelesaikan soal matematika siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal pada materi aritmetika sosial berdasarkan teori Polya: (a) Kemampuan menyelesaikan soal matematika siswa berkemampuan tinggi kelas VII SMP Negeri 2 Kauman Tulungagung adalah siswa yang dapat menyelesaikan semua tahapan-tahapan polya, yaitu memahami masalah, membuat atau menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Tetapi bagi NA soal nomor 1 dan 2 itu bukan kemampuan menyelesaikan soal kerena NA pernah mempelajarinya di tempat les. (b) Kemampuan menyelesaikan soal matematika siswa berkemampuan sedang kelas VII SMP Negeri 2 Kauman Tulungagung adalah siswa yang dapat menyelesaikan 3 dari 4 tahapan-tahapan polya, yaitu memahami masalah, dan membuat atau menyusun rencana. Tetapi melakukan kesalahan-kesalahan perhitungan pada melaksanakan rencana, dan tidak melakukan pemeriksaan kembali ataupun menuliskan kesimpulan dengan tepat. (c) Kemampuan menyelesaikan soal matematika siswa berkemampuan rendah kelas VII SMP Negeri 2 Kauman Tulungagung adalah siswa yang dapat menyelesaikan 1 dari 4 tahapan-tahapan polya, yaitu memahami masalah. Tetapi tidak dapat melakukan tahap membuat atau menyusun rencana, melaksanakan rencana, memeriksa kembali dan juga tidak membuat kesimpulan dengan benar; 2) Kesalahan siswa kelas VII dalam menyelesiakan soal kemampuan menyelesaikan soal matematika pada materi aritmetika sosial berdasarkan teori polya terdapat dalam kasus memeriksa kembali (Looking a back): (a) Siswa berkemampuan menyelesaikan soal matematika tinggi tidak menuliskan pemeriksaan kembali tetapi menuliskan kesimpulan dengan benar. (b) Siswa berkemampuan menyelesaikan soal matematika sedang hanya melakukan kesalahan pada nomor 2. (c) Siswa berkemampuan menyelesaikan soal matematika rendah rata-rata melakukan kesalahan pada semua soal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153199 DEVI FAIZA TURROFIAH
Date Deposited: 16 Sep 2019 06:56
Last Modified: 16 Sep 2019 06:56
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/13287

Actions (login required)

View Item View Item