PENGARUH TINGKAT SOSIAL EKONOMI WALI MURID TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTsN 1 TULUNGAGUNG

ADE RAHMA SEPTIANA ARDANI, 17201153221 (2019) PENGARUH TINGKAT SOSIAL EKONOMI WALI MURID TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (366kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (697kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (562kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (131kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Tingkat Sosial Ekonomi Wali Murid terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Ade Rahma Septiana Ardani, NIM. 17201153221, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Dibimbing oleh Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. NIP. 197608272005011005. Kata kunci:Tingkat Sosial Ekonomi Wali Murid, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh tingkat sosial ekonomi orang tua atau wali murid yang mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa, karena orang tua merupakan sumber yang menempati posisi dan memegang peranan penting dalam pendidikan anak. Sebab dalam kegiatan belajar mengajar dukungan orang tua sangat menentukan semangat anak dalam belajar. Selain anak membutuhkan perhatian dan kasih sayang orang tua, seorang anak berhak mendapatkan sarana dan prasarana yang layak untuk belajar agar semakin giat belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh tingkat sosial ekonomi wali murid terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN 1 Tulungagung tahun ajaran 2018/2019 (2) Untuk mengetahui pengaruh tingkat sosial ekonomi wali murid terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN 1 Tulungagung tahun ajaran 2018/2019 (3) Untuk mengetahui pengaruh antara tingkat sosial ekonomi wali murid terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN 1 Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian korelasi dengan populasi seluruh siswa kelas 8 di MTsN 1 Tulungagung yang berjumlah 328 siswa. Sampling pada penelitian ini menggunakan simple random sampling dan mengambil sampel sebanyak 25% dari populasi yaitu berjumlah 82 siswa. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu tingkat ekonomi wali murid (X), sedangkan variabel terikat yaitu motivasi belajar (Y1) dan hasil belajar siswa (Y2). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana, Manova dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara tingkat sosial ekonomi wali murid terhadap motivasi belajar, dibuktikan dengan thitung 10.855 > ttabel 1.990 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara tingkat sosial ekonomi wali murid terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan dengan thitung 9.052 > ttabel 1.990 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 (3) ada pengaruh positif dan signifikan antara tingkat sosial ekonomi wali murid terhadap motivasi dan hasil belajar siswa, dibuktikan dengan Fhitung 129.358 > Ftabel 3,11 dengan signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153221 ADE RAHMA SEPTIANA ARDANI
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:04
Last Modified: 29 Aug 2019 04:04
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/13237

Actions (login required)

View Item View Item