PENGARUH KOMPETENSI DAN KOMUNIKASI KEPALA MADRASAH TERHADAP KEDISIPLINAN DAN KOMPETENSI GURU DI MTs NEGERI SE KABUPATEN TULUNGAGUNG

KRISTIN KRISTANTI, 12501174015 (2019) PENGARUH KOMPETENSI DAN KOMUNIKASI KEPALA MADRASAH TERHADAP KEDISIPLINAN DAN KOMPETENSI GURU DI MTs NEGERI SE KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK,.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI..pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (691kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (67kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengaruh Kompetensi dan Komunikasi Kepala Madrasah terhadap Kedisiplinan dan Kompetensi Guru di MTs Negeri Se- Kabupaten Tulungagung, ini ditulis oleh Kristin Kristanti, NIM. 12501174015. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd, NIP. 19810801 200912 1 004 dan Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I, NIP. 19720601 20003 1002. Kata Kunci: Kompetensi, Komunikasi Kepala Madrasah, Kedisiplinan, Kompetensi Guru. Penelitian ini dilatar belakangi kompetensi yang dimiliki kepala Madrasah memiliki pengaruh yang besar dalam lembaga pendidikan, tanpa adanya kepala Madrasah yang baik akan sulit untuk mencapai tujuan lembaga. Karena seorang pemimpin memiliki peran yang besar dalam keberhasilan pendidikan meningkatkan keterlaksanaan tugas tenaga kependidikan sesuai dengan tujuan lembaga. Lembaga pendidikan yang memiliki seorang pemimpin yang memiliki standar kompetensi yang telah ditetapkan maka dalam sebuah lembaga akan memiliki seorang pemimpin yang berkualitas sehingga dapat membedakan antara sekolah yang memiliki kualitas yang tinggi dan sekolah yang berkualitas rendah. Sehingga seorang Kepala Madrasah harus memiliki kompetensi yang besar agar mampu meciptakan inovasi untuk berkembangnya lembaga mencapai visi, misi dan tujuan sekolah maka akan mempengaruhi kompetensi guru, kedisiplinan guru dan yang lainnya. Selain kompetensi kepala Madrasah yang memiliki pengaruh terhadap lembaga, seorang pemimpin harus memiliki kemampuan dalam berkomunikasi terhadap warga sekolah. Komunikasi juga memiliki pengaruh yang besar dalam tujuan lembaga, kepala madrasah yang tidak mampu berkomunikasi dengan baik terhadap seluruh warga sekolah maka organisasi sekolah tidak akan dapat berjalan dengan efektif. Rumusan Masalah: (1) Apakah terdapat pengaruh kompetensi terhadap kedisiplinan Guru di MTs Negeri Se Kabupaten Tulungagung? (2) Apakah terdapat pengaruh kompetensi terhadap kompetensi Guru di MTs Negeri Se Kabupaten Tulungagung? (3) Apakah terdapat pengaruh komunikasi Kepala Madrasah terhadap kedisiplinan Guru di MTs Negeri Se Kabupaten Tulungagung? (4) Apakah terdapat pengaruh komunikasi Kepala Madrasah terhadap kompetensi Guru di MTs Negeri Se Kabupaten Tulungagung? (5) Apakah terdapat pengaruh kompetensi dan komunikasi Kepala Madrasah terhadap kedisiplinan Guru di MTs Negeri Se Kabupaten Tulungagung? (6) Apakah terdapat pengaruh kompetensi dan komunikasi Kepala Madrasah terhadap kinerja Guru di MTs Negeri Se Kabupaten Tulungagung? Tujuan Penelitian: (1) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kedisiplinan Guru di MTs Negeri Se Kabupaten Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kompetensi Guru di MTs Negeri Se Kabupaten Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi Kepala Madrasah terhadap kedisiplinan Guru di MTs Negeri Se Kabupaten Tulungagung. (4) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi Kepala Madrasah terhadap kinerja Guru di MTs Negeri Se Kabupaten Tulungagung. (5) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan komunikasi Kepala Madrasah terhadap kedisiplinan Guru di MTs Negeri Se Kabupaten Tulungagung. (6) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan komunikasi Kepala Madrasah terhadap kompetensi Guru di MTs Negeri Se Kabupaten Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi 382 orang. Dengan teknik sampling cluster random sampling diperoleh sampel 200 guru. Variabel bebas: Kompetensi dan Komunikasi Kepala Madrasah. Variabel terikat: Kedisiplinan dan Kompetensi Guru. Sumber data: Responden dan Dokumen. Teknik pengumpulan data: angket. Teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, homogenitas dan manova dengan bantuan SPSS for Windows 23.0. Hasil penelitian: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi secara bermakna mempengaruhi kedisiplinan guru di MTs Negeri Se Kabupaten Tulungagung yang dibuktikan dari nilai signifikasi untuk variabel kedisiplinan adalah 0,020 dan nilai tersebut lebih besar dari pada probabilitas 0,05 (0,020 > 0,05). (2) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi secara bermakna mempengaruhi kompetensi guru di MTs Negeri Se Kabupaten Tulungagung yang dibuktikan dari nilai signifikasi untuk variabel kinerja guru adalah 0,018 dan nilai tersebut lebih besar dari pada probabilitas 0,05 (0,018 > 0,05). (3) Ada pengaruh yang signifikan antara komunikasi kepala Madrasah secara bermakna mempengaruhi kedisiplinan guru di MTs Negeri Se Kabupaten Tulungagung yang dibuktikan dari nilai signifikasi untuk variabel kedisiplinan adalah 0, 038dan nilai tersebut lebih besar dari pada probabilitas 0,05 (0, 038> 0,05). (4) Ada pengaruh yang signifikan antara komunikasi kepala Madrasah secara bermakna mempengaruhi kinerja guru di MTs Negeri Se Kabupaten Tulungagung yang dibuktikan dari nilai signifikasi untuk variabel kinerja guru adalah 0, 036 dan nilai tersebut lebih besar dari pada probabilitas 0,05 (0, 036 > 0,05). (5) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi dan komunikasi kepala Madrasah secara bermakna mempengaruhi kedisiplinan guru di MTs Negeri Se Kabupaten Tulungagung yang dibuktikan dari nilai signifikasi untuk variabel kedisiplinan adalah 0, 006 dan nilai tersebut lebih besar dari pada probabilitas 0,05 (0, 006 > 0,05). (6) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi dan komunikasi kepala Madrasah secara bermakna mempengaruhi kompetensi guru di MTs Negeri Se Kabupaten Tulungagung yang dibuktikan dari nilai signifikasi untuk variabel kinerja guru adalah 0, 029 dan nilai tersebut lebih besar dari pada probabilitas 0,05 (0, 029 > 0,05).

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 2811133124 KRISTIN KRISTANTI
Date Deposited: 28 Aug 2019 03:45
Last Modified: 28 Aug 2019 03:45
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/13227

Actions (login required)

View Item View Item