ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DI UKM TEH ROSELLA GONDANG TULUNGAGUNG UNTUK MEMINIMALISIR KERUGIAN (TINJAUAN METODE FULL COSTING)

MUHAMAD KHOIRUL, 17403153026 (2019) ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DI UKM TEH ROSELLA GONDANG TULUNGAGUNG UNTUK MEMINIMALISIR KERUGIAN (TINJAUAN METODE FULL COSTING). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (308kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (519kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Harga Pokok Produksi dengan menggunakan Metode Full Costing di UKM Teh Rosella Fatimah Tulungagung” ini ditulis oleh Muhamad Khoirul, NIM.17403153026, pembimbing Dyah Pravitasari, S.E., M.S.A. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang ada pada perusahaan. Dimana perusahaan dalam melakukan perhitungan beban pokok produksinya masih menggunakan metode yang relatif sederhana dan belum menerapkan perhitungan beban pokok produksi sesuai dengan kaidah akuntansi biaya sehingga hasil perhitungannya kurang tepat dan akurat. Perusahaan harus menerapkan metode yang baik dalam penentuan harga pokok produksi agar dapat memperoleh hasil yang optimal, efektif, dan efisien. Penelitian ini bertujuan agar perusahaan mengetahui perbedaan perhitungan dengan metode Full Costing. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana analisis perhitungan harga pokok produksi di UKM Teh Rosella Fatimah Gondang Tulungagung? (2) Bagaimana analisis perhitungan harga pokok produksi UKM Teh Rosella Fatimah Gondang Tulungagungdenagn metode full costing? (3) Bagaimana metode Full Costing dapat meminimalisir kerugian di UKM Teh Rosella Fatimah Gondang Tulungagung? Penelitian ini dilakukan pada UKM Teh Rosella Fatimah yang terletak di Desa Macanbang Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah porposive dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan cara dokumentasi. Adapun metode yang digunakan untuk menentukan beban pokok produksi adalah metode full costing. Hasil dari analisis ini menunjukkan penghitungan beban pokok produksi UKM Teh Rosella Fatimah dengan metode full costing. (1) Metode perusahaan dengan produksi 2800 karo menghabiskan Rp.65.206.000,-. (2) perhitungan Full Costing Rp. 76.138.730,- (3) hasil selisih Rp.10.932.730,- hasil ini berdampak kepada harga pokok per satuan karo dengan perhitungan metode full costing Rp.27.192,- perhitungan perusahaan menunjukan Rp. 23.287,-dengan selisih Rp.3.905,- dengan selisih per botol karena dalam 1 karo terdapat 8 botol, menurul full costing Rp.3.399,- perhitungan perusahaan Rp.2.910,- dengan hasil selisih Rp. 489,- . Hal ini dikarenakan UKM Fatimah Tulungagung tidak memasukkan biaya depresiasi gedung dan peralatan untuk meminimalisir kerigian perusahaan harus manambah harga jual Rp.491,- karena termasuk beban yang belum terhitungoleh perusahaan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan UKM Fatimah Tulungagung memasukkan biaya depresiasi gedung dan juga biaya depresiasi peralatan karena UKM Tea Rosella Fatimah telah mengeluarkan biaya dimuka seperti pada pembangunan tempat produksi dan pembelian perlatan. KATA KUNCI: Beban Pokok Produksi, Full Costing.

Item Type: Skripsi
Subjects: Keuangan Islam
Ekonomi > Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 17403153026 MUHAMAD KHOIRUL
Date Deposited: 28 Aug 2019 02:50
Last Modified: 28 Aug 2019 02:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13223

Actions (login required)

View Item View Item