PENGARUH METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON TULUNGAGUNG

DEWI NAZULA, 17201153312 (2019) PENGARUH METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (893kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung ” ini ditulis oleh Dewi Nazula, NIM 17201153312, Pembimbing : Nuryani, S.Ag. M.Pd.I. Kata kunci : Metode TAI(Team Assisted Individualization), Hasil belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan metode pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional. Penggunaan metode pembelajaran mempengaruhi hasil belajar siswa. Dalam hal ini peneliti menghubungkan penggunaan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif dengan hasil belajar siswa dari segi aspek kognitif dan afektif. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh metode TAI terhadap hasil belajar siswa aspek kognitif di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung? 2) Adakah pengaruh metode TAI terhadap hasil belajar siswa aspek afektif di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh metode TAI terhadap hasil belajar siswa aspek kognitif dan afektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan metode eksperimental yakni eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian control group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, dengan mengambil secara acak atau undian pada siswa kelas VIII lalu dibagi menjadi dua kelompok, kelompok 1 sebagai kelas kontrol dan kelompok 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data: 1) tes dan 2) angket. Intstrumen tes untuk mengukur hasil belajar siswa aspek kognitif berupa pre-test dan posttest. Instrumen angket untuk mengukur hasil belajar siswa aspek afektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode TAI terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa aspek kognitif kelas eksperimen sebesar 80,481, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 67,407. Rata-rata hasil belajar siswa aspek afektif kelas eksperimen sebesar 60,704, sedangkan kelas kontrol sebesar 47,963. Hasil uji T-test hasil belajar siswa kognitif sebesar0,00 <0,05, sedangkan hasil belajar siswa afektif sebesar 0,00< 0,05. Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) dterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153312 DEWI NAZULA
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:32
Last Modified: 11 Sep 2019 02:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13202

Actions (login required)

View Item View Item