Pengaruh Hasil Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Pembuatan Pola Busana Siswa Kelas XI Di SMKN1 Pogalan Jurusan Tata Busana

Nihayah, ‘Atiqotun (2014) Pengaruh Hasil Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Pembuatan Pola Busana Siswa Kelas XI Di SMKN1 Pogalan Jurusan Tata Busana. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Skripsi PDF.pdf

Download (24MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Pembuatan Pola Busana Tujuan bangsa Indonesia yang termuat dalam undang-undang dasar 1945 salah satunya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Kegiatan belajar biasa dilakukan di jenjang pendidikan yaitu sekolah. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu jenis lembagapendidikan formal sebagai akibat dari perkembangan ilmu dan teknologi. Matematika adalah mata pelajaran yang wajib dipelajari di SMK. SMK memiliki bidang keahlian yang salah satunya yaitu bidang tata busana. Pada bidang tata busana terdapat mata pelajaran pembuatan pola busana. Perlu diketahui bahwa pada setiap langkah pembuatan pola busana melibatkan matematika, misalnya: mengukur, menghitung dengan rumus pola, menggambar pola dengan skala ukur. Mengukur dan menggambar pola mengadopsi materi skala dan materi geometri. Sedangkan menghitung dengan rumus pola mengadopsi materi pecahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara hasil belajar matematika terhadap hasil belajar pembuatan pola busana siswa kelas XI di SMKN 1 Pogalan jurusan tata busana?, 2) seberapa besar pengaruh hasil belajar matematika terhadap hasil belajar pembuatan pola busana siswa kelas XI di SMKN 1 Pogalan jurusan tata busana?. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara hasil belajar matematika terhadap hasil belajar pembuatan pola busana siswa kelas XI di SMKN 1 Pogalan jurusan tata busana, 2) untuk mengetahui besarnya pengaruh hasil belajar matematika terhadap hasil belajar pembuatan pola busana siswa kelas XI di SMKN 1 Pogalan jurusan tata busana. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Ex post facto sebagai metode penelitian menunjuk kepada perlakuan atau manipulasi variabel bebas X yang telah terjadi sebelumnya sehingga peneliti tidak perlu memberikan perlakuan lagi, tinggal melihat efeknya pada variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar pembuatan pola busana. Subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas XI2 jurusan tata busana. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampel purposif. Peneliti langsung mengambil siswa yang mengambil jurusan tata busana, karena siswa bidang tata busana bisa melakukan pembuatan pola busana tanpa harus dimanipulasi. Pengumpualan data menggunakan observasi, tes, xvi interview dan dokumentasi. Instrumen tes di validasi oleh para ahli matematika yaitu 2 orang dosen matematika IAIN Tulungagung dan 1 orang guru matematika pengajar kelas XI jurusan tata busana. Observasi dan interview dilakukan pada siswa kelas XI2 jurusan tata busana dan guru mata pelajaran pembuatan pola busana. Sedangkan dokumentasi dilakukan pada pihak sekolah yaitu SMKN 1 Pogalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara hasil belajar matematika terhadap hasil belajar pembuatan pola busana siswa kelas XI di SMKN 1 Pogalan jurusan tata busana. Untuk besarnya pengaruh yang diperoleh yaitu 15,3%. Hal ini berarti bahwa pengaruh matematika terhadap pembuatan pola busana hanya 15,3% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar matematika. Pengaruh yang di peroleh termasuk kecil karena di dalam jam pelajaran jurusan tata busana yang mendominasi adalah pelajaran tata busana. Sedangkan untuk matematika hanya 4 jam pelajaran dalam 1 minggu. Selain itu kriteria penilaian yang dilakukan guru pembuatan pola busana hanya sedikit yang melibatkan tentang matematika. Mungkin jika lebih spesifik dan sedikit fokus pada materi matematika yang sering digunakan dalam pembuatan pola busana, bisa jadi pengaruhnya besar

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 05 Nov 2014 03:29
Last Modified: 05 Nov 2014 03:29
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item View Item