STRATEGI BAURAN PEMASARAN PANTAI GEMAH DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DESA KEBOIRENG KECAMATAN BESUKI KABUPATEN TULUNGAGUNG

Wella Wulandari, 17402153531 (2019) STRATEGI BAURAN PEMASARAN PANTAI GEMAH DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DESA KEBOIRENG KECAMATAN BESUKI KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (122kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (70kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (111kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (737kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (104kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Bauran Pemasaran Pantai Gemah dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Keboireng Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Wella Wulandari, NIM. 17402153531, pembimbing Dr. Ali Mauludi, AC., M.A. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi bauran pemasaran di pantai Gemah, yang dilakukan oleh masyarakat, pengelola pantai, dan pemerintah agar dapat bermanfaat dalam meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Oleh karena itu peneliti, ingin mengetahui penerapan strategi bauran pemsaran di pantai Gemah yang dilakukan oleh pihak-pihak terkait dalam meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dan kendala apa saja yang muncul pada saat pelaksanaannya serta solusi apa yang dilakukan untuk mengatasinya. Rumusan masalah dalam penelitian adalah (1) Bagaimana penerapan strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan ekonomi pariwisata Wisata Pantai Gemah? (2) Apa saja kendala dalam pelakasanaan strategi bauran pemasaran Wisata Pantai Gemah? (3) Usaha apa saja yang dilakukan untuk mengatasi setiap kendala yang muncul pada Wisata Pantai Gemah?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bauran pemasaran pantai Gemah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa Keboireng dan sekitarnya sebagai daerah tujuan wisata di kabupaten Tulungagung dengan mengkaji beberapa faktor yaitu faktor fisik, daya tarik, sosial ekonomi, masyarakat, aksesibilitas, dan sarana prasarana pantai Gemah. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh sejumlah pihak baik dari masyarakat, pengelola, dan Disbupar sudah dengan baik dilakukan sehingga berdampak baik pula dengan kujungan wisatawan yang semakin banyak dari tahun ke tahun. Hal tersebut berdampak positif terhadap peningkatan perekonomian masayarakat desa Keboireng kecamatan Besuki, sebanyak 30% masyarakat melakukan kegiatan ekonomi di pantai Gemah sebagai pedagang baik dari pedagang kaki lima maupun memiliki warung, sebagai penyewa wahana wisata, serta bergabung dalam kelompok pengelola pantai. Dengan adanya pantai Gemah masyarakat dapat meningkatkan pendapatan mereka sebesar < Rp 1.000.000 - Rp 2.000.000 sebulan sehingga meningkat pula kualitas hidup mereka, yang sebelumnya hanya bekerja sebagai petani, berkebun, dan ibu rumah tangga. Kendala utama yang muncul adalah sampah kiriman dari laut dalam jumlah yang cukup banyak, dari itu solusi yang dilakukan adalah melakukan kegiatan bersih pantai setiap hari Jumat sore yang dilakukan oleh Pengelola, Perhutani, dan Disbupar. Kata kunci: Bauran Pemasaran, Pantai Gemah, Ekonomi Masyarakat

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153531 Wella Wulandari
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:55
Last Modified: 26 Aug 2019 04:55
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/13188

Actions (login required)

View Item View Item