PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP ALAM AL-GHIFARI KOTA BLITAR

AMALA ILMA, 17201153428 (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP ALAM AL-GHIFARI KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (240kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (107kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMP Alam Al-Ghifari Kota Blitar” ini di tulis oleh Amala Ilma, NIM. 17201153428, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam Negeri Tulungagung 2019, Dosen Pembimbing Dr. H. Masduki M.Ag. Kata Kunci : Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Membentuk Karakter. Peran adalah perangkat tingkah yang diharapkan dimiliki oleh orang yang berkedudukan dalam masyarakat, Peran guru pendidikan dalam halnya membentuk karakter yang baik pada peserta didik sangatlah dominan sekali apalagi dizaman yang modern seperti ini, pembekalan dan pembentukan akhlak anak mempunyai pondasi untuk menjalani dodaan-godaan hidup di zaman modern ini bisa kuat dan mereka tidak terjerumus dalan limbah kerusakan moral. Adapun penelitian ini meningkatkan beberapa indicator permasalahan di antaranya: (1) Bagaimana peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik di SMP Alam Al-Ghifari Kota Blitar? (2) Bagaimana hambatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik di SMP Alam Al-Ghifari Kota Blitar? (3) Bagaimana dampak Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik di SMP Alam Al-Ghifari Kota Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik di SMP Alam Al-Ghifari Kota Blitar. (2) Untuk mendiskripsikan hambatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik di SMP Alam Al-Ghifari Kota Blitar. (3) Untuk mendiskripsikan dampak Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik di SMP Alam Al-Ghifari Kota Blitar. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis setelah dilakukannya pengkajian dan penelitian, penulis dapat menambah pengalaman dan pengetahuan serta wawasan dalam meningkatkan kualitas pendidikan PAI, bagi guru Madrasah bisa di jadikan sebagai masukan dan sumber informasi untuk lebih baik lagi dalam meningkatkan karakter siswa khususnya dalam bidang PAI, bagi siswa hasil penelitian ini dapat dijadikan informasi untuk para siswa/i dalam meningkatkan pembentukan karakter di SMP Alam Al-Ghifari Kota Blitar, dan bagi peneliti yang akan datang, sebagai bahan kajian penunjang dalam meneliti hal-hal yang berkaitan dengan topic diatas. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data atau penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajekan pengamatan, dan triangulasi. Dengan metode ini diharapkan memperoleh data-data kongkrit dan sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di SMP Alam Al-Ghifari Kota Blitar. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa dalam pembentukan karakter peserta didik, peran guru sangatlah dominan sekali dimana guru bisa menjadi teladan bagi peserta didik yang mana pernah diajarkan Rasulullah melalui Al-Qur’an dan hadist serta memberikan pelayanan yang baik terhadap semua peserta didik dan tidak membeda-bedakan antara karakter peserta didik satu dengan yang lainnya. Adapaun pendukung yang paling menonjol adalah siswa mengalami masalah, mereka bisa langsung sharing kepada guru PAI untuk mencari solusi yang terbaik, ada juga penghambatnya yaitu anak itu sebagian ada juga yang bandel dari situ guru PAI lebih ekstra lagi dalam memberikan masukan yang baik dan memberikan tauladan untuk siswanya. Dampak dari terbentuknya karakter yang baik itu menimbulkan dampak yang sangat bagus untuk perkembangan pada peserta didik, seperti halnya lebih bisa berperilaku dengan baik dan lebih banyak melakukan hal-hal yang positif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153428 AMALA ILMA
Date Deposited: 09 Sep 2019 03:43
Last Modified: 09 Sep 2019 03:43
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/13182

Actions (login required)

View Item View Item