Pembelajaran Aswaja dalam Membina Karakter Siswa di MA Diponegoro Bandung Tulungagung

Muhamad Arif Al Barri, 17201153132 (2019) Pembelajaran Aswaja dalam Membina Karakter Siswa di MA Diponegoro Bandung Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (939kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (315kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (232kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pembelajaran Aswaja dalam Membina Karakter Siswa di MA Diponegoro Bandung Tulungagung” ditulis oleh Muhamad Arif Al Barri, NIM. 17201153132, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dosen pembimbing Dr. H. Asrop Syafi’i, M.Ag. NIP. 19690918 200003 1 002. Kata Kunci: Pembelajaran Aswaja, Karakter Siswa Konteks penelitian dalam skripsi ini ditekankan pada pembinaan karakter siswa melalui lembaga pendidikan formal. Dimana pendidikan karakter di lembaga pendidikan formal kebanyakan masih berfokus pada pembinaan karakter siswa untuk siap menduduki jabatan atau profesi tertentu, dan mengesampingkan pembekalan siswa dengan karakter yang mendungkungnya untuk siap berperan dengan baik di masyarakat. Disamping itu, munculnya berbagai isu kenakalan remaja serta berbagai tindak kejahatan dengan mengatas namakan Islam juga marak terjadi. Untuk itu pendidikan formal khususnya lembaga pendidikan Islam perlu mempersiapkan dan membekali siswa dengan karakter yang khas pendidikan Islam yang rohmatan lil alamin agar mereka memiliki modal untuk dapat berperan dengan baik di masyarakat serta memiliki semangat untuk melestarikan ajaran Islam yang rahmah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Aswaja dalam Membina karakter siswa di MA Diponegoro Bandung Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Aswaja dalam membina karakter siswa di MA Diponegoro Bandung Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Aswaja dalam membina karakter siswa di MA Diponegoro Bandung Tulungagung? Tujuan penelitian ini antara lain: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Aswaja dalam membina karakter siswa di MA Diponegoro Bandung Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Aswaja dalam membina karakter siswa di MA Diponegoro Bandung Tulungagung (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Aswaja dalam membina karakter siswa di MA Diponegoro Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan meliputi sumber data primer dan sumber data skunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Untuk analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Teknik pengecekan keabsahan data yaitu dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triagulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, dan review. Hasil penelitian meliput: (1) Perencanaan pembelajaran Aswaja mengacu pada kurikulum dari LP Ma’arif NU yang dikembangkan dengan berbagai program khas dari lembaga pendidikan itu sendiri. Perencanaan pembelajaran disusun dengan lengka meliputi program tahunan, program semester, silabus, dan RPP. (2) Pelaksanaan pembelajaran Aswaja dilaksanakan dengan masif melalui bimbingan, pengajaran, pelatihan, pengalaman belajar, serta pembiasaan. Pembelajaran Aswaja dilaksanakan melalui muatan lokal Aswaja yang mengkaji tentang aliran Islam Aswaja dan ke-NU-an dan didukung dengan muatan lokal BMK (Bimbingan Membaca Kitab) yang mengkaji tentang kitab Aqidah, Fiqih, dan Akhlak/Tasawuf berhaluan Aswaja. Disamping itu juga terdapat program pembiasaan amaliyah Aswaja sebagai implementasi dari pembelajaran Aswaja di dalam kelas. (3) Evaluasi pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran Aswaja meliputi evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Adapun evaluasi formatif meliputi evaluasi yang dilaksanakan setiap selesai pembelajaran dan ulangan harian. Sedangkan evaluasi sumatif meliputi ujian tengah semester, ujian akhir semester, serta ujian praktik dan hafalan amaliyah yang dikemas dalam bentuk paket amaliyah kelas X, paket amaliyah kelas XI, dan paket amaliyah kelas XII.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Kebudayaan Islam
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153141 MUHAMMAD ULIL ALBAB ZAMZAMI
Date Deposited: 29 Aug 2019 03:34
Last Modified: 29 Aug 2019 03:34
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/13181

Actions (login required)

View Item View Item