POTRET PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MTsN 1 TULUNGAGUNG

HAFSOH SEDEH, 17210153038 (2019) POTRET PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (810kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (270kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Potret Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Hafsoh Sedeh, NIM:17210153038, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institus Agama Inslam Negeri Tulungagung, pembimbing Muyassarah, S.S, M.Pd. Kata kunci : Penggunakan multimedia dalam pembelajaran bahasa Indonesia Penelitian ini dibelakangi oleh sebuah fenomena guru sebagai pendidik profesional mempunyai citra yang baik di masyarakat apabila dapat menunjukkan kepada masyarakat bahwa ia layak menjadi panutan atau teladan masyarakat sekelilingnya. Masyarakat terutama akan melihat bagaimana sikap dan perbuatan guru itu sehari-hari, apakah memang ada yang patut diteladani atau tidak. Berkaitan dengan hal itu, guru dituntut harus meningkatkan pelayanannya, meningkatkan pengetahuannya, memberi arahan dan dorongan kepada anak didiknya. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaimana potret guru menggunakan multimedia dalam pembelajaran bahasa Indonesia? (2) apa saja problematika penggunaan multimedia dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MTsN 1 Tulungagung? bagaimana guru menyelesaikan prolematika penggunaan multimedia dalam bahasa Indonesia di MTsN 1 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan potret guru, permasalahan dan cara menyelesaian menggunakan multimedia dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MTsN 1 Tulungagung tersebut. Skripsi ini bermanfaat bagi peneliti dapat menambah pengetahuan tentang perkembangan multimedia dalam pembelajaran bahasa Indonesia, bagi para guru MTs Negeri 1 Tulungagung sebagai bahan mengevaluasi cara menggunakan multimedia dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia sehingga guru mampu meningkatkan profesionalismenya. Bagi siswa MTs Negeri 1 Tulungagung sebagai menerima pembelajaran yang mempertimbangkan beberapa aspek. Tidak hanya pengetahuan tetapi juga sikap dan keterampilan. Dalam penelitian ini digunakan pendekatankualitatif dengan metode diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) wawancara, (2) observasi dan (3) dokumentasi. Sedangkan analisis data (1) reduksi data, (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan data penulis menggunakan pengamatan sepanjang pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Gambaran guru menggunakan multimedia dalam pembelajaran bahasa Indonesia lebih mudah bagi siswa menangkap materi yang disampaikan guru dibandingkan dengan munggunakan media lainnya. Penangkapan siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan multimedia itu setengah bermain dan senang terhibur. Terkadang jarang guru menggunakan multimedia karena siswa dibagi kelas menjadi dua ,yaitu unggulanxii dan reguler. Kemampuan anak dua kelas ini sangat berdeba. Guru itu lebih mudah menggunakan multimedia dikelas unggulan dibangdingkan kelas regular, hal itu dikarenakan siswa kelas unggulan lebih berkonsentrasi dan daya penangkapannya cepat. Jadi hanya tertentu guru menyampaikan materi dalam menggunakan multimedia. (2) Problematika yang menghadapi oleh guru menggunaan multimedia dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MTsN 1 Tulungagung,yaitu kesulitan ketika LCD ada masalah di tengah-tengah pembelajaran dan kadangkadang guru ketinggalan laptop untuk pembelajarannya sehingga harus meminjam kepada temannya. Terkadang sudah disiapkan oleh siswa karena pada awal anakanak itu sudah tahu bahwa materi yang akan dipelajari itu apa. (3) Guru menyelesaikan masalah melalui beberapa cara: a. Mempersiapkan materi dan media yang harus dibahas dan digunakan. b. Mempersiapkan multimedia apakah sudah bisa digunakan atau tidaknya supaya tidak terjadi permasalahan dalam penggunaannya. Pemanfaatan multimedia tersebut diharapkan dapat menghilangkan rasa bosan pada siswa dalam pengikuti pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 17210153038 HAFSOH SEDEH
Date Deposited: 26 Aug 2019 02:07
Last Modified: 26 Aug 2019 02:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13164

Actions (login required)

View Item View Item