SISTEM PENILAIAN COMPUTER BASED TESTING (CBT) SEBAGAI MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK MI (Studi Multi Situs MI Perwanida Blitar dan MIN 11 Blitar)

SITI ZUMROTUL NIKMAH, 12505174049 (2019) SISTEM PENILAIAN COMPUTER BASED TESTING (CBT) SEBAGAI MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK MI (Studi Multi Situs MI Perwanida Blitar dan MIN 11 Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Sistem Penilaian Computer Based Testing (CBT) Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran” (Studi Multi Situs di MI Perwanida Blitar dan MIN 11 Blitar)” ini ditulis oleh Siti Zumrotul Nikmah yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. dan Dr. Fathul Mujib, M.Ag. Kata kunci: Sistem Penilaian, Computer Based Testing, Evaluasi Pembelajaran. Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh fenomena semakin berkembangnya teknologi dalam dunia pendidikan. Dimulai dari proses belajar sampai dengan proses evaluasi, semua sudah terkomputerisasikan. Pentingnya diketahui terhadap keberhasilan proses belajar peserta didik, secara berkesinambungan guru perlu melakukan penilaian dan pengukuran terhadap hasil belajar peserta didik. Tes merupakan salah satu instrumen dalam melakukan evaluasi keberhasilan belajar. Namun pada pelaksanaanya terkadang terjadi beberapa masalah. Jika masalah-masalah yang terjadi tidak dibenahi, maka makna serta fungsi pengukuran dan penilaian akan bergeser. Menyikapi permasalahan tersebut, maka dibutuhkan sebuah solusi dalam proses pelaksanaan tes. Salah satu solusi yang dapat diberikan dalam mengatasi permasalahan tes hasil belajar yaitu pemanfaatan Computer Based Testing (CBT) dalam pelaksanaan tes hasil belajar. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: 1) Bagaimana Prosedur Evaluasi Pembelajaran Computer Based Testing (CBT) di MI Perwanida Blitar dan MIN 11 Blitar? 2) Bagaimana Teknik Evaluasi Pembelajaran Computer Based Testing (CBT) di MI Perwanida Blitar dan MIN 11 Blitar? 3) Bagaimana Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Computer Based Testing (CBT) di MI Perwanida Blitar dan MIN 11 Blitar ?. Harapan dari disusunya tesis ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta pengalaman bagi peneliti khususnya, sebagai usaha peningkatan kualitas diri. Juga dapat bermanfaat bagi para peneliti selanjutnya dan dapat dijadikan salah satu rujukan untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam. Karya ini juga disusun dalam rangka membuat laporan dan karya tulis untuk menyelesaikan tugas akhir kuliah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). sumber data penelitian ini di dapat dari data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data antara lain melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk pengecekan keadsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: 1) Prosedur evaluasi pembelajaran pada peserta didik dapat diketahui melalui beberapa prosedur kegiatan, meliputi: perencanaan, pelaksanaan, monitoring pelaksanaan evaluasi, pengolahan data, hasil, dan penggunaan hasil evaluasi. 2) Teknik yang digunakan dalam evalusi pembelajaran adalah dengan memperhatikan segala bentuk kebutuhan peserta didik dan kesiapan peserta didik. teknik evaluasi berbasis komputer mengaju pada peraturan BSNP tentang juknis UN CBT dan Revisi Pedoman Teknis (Domnis) Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Daerah (UAMBD) MI, dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) MTs dan MA Tahun Pelajaran 2018/2019. 3) Efektivitas evaluasi pembelajaran dapat diketahui dengan memperhatikan kriteria berkut: Valid, Reliabel, Relevan, Representatif, Praktis, Deskriminatif, dan Spesifik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505174049 SITI ZUMROTUL NIKMAH
Date Deposited: 26 Aug 2019 00:52
Last Modified: 26 Aug 2019 00:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13141

Actions (login required)

View Item View Item