PENANAMAN PERILAKU SPIRITUALITAS SANTRI BERDASARKAN PEMBACAAN SURAH-SURAH TERTENTU (Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Iman Karangrejo Tulungagung)

Agustina Reni Mauludiyah, 17301153022 (2019) PENANAMAN PERILAKU SPIRITUALITAS SANTRI BERDASARKAN PEMBACAAN SURAH-SURAH TERTENTU (Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Iman Karangrejo Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (703kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (239kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (694kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (838kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (161kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penanaman Perilaku Spiritualitas Santri Berdasarkan Pembacaan Surah-Surah Pilihan (Studi Living Quran di Pondok Pesantren Nurul Iman Karangrejo Tulungagung)” ini ditulis oleh Agustina Reni Mauludiyah, NIM. 17301153022, Pembimbing Dr. Salamah Noorhidayati, M.Ag. Kata Kunci : Pembiasaan Pembacaan, Jujur, Kreatif, Tanggung Jawab Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pernyataan bahwa Al-Quran sebagai pedoman umat Islam yang tidak hanya berfungsi sebagai bacaan. Melainkan ia dapat menjelma dalam kehidupan sehari-hari. Al-Quran dapat juga digunakan sebagi upaya membentuk perilaku seseorang. Oleh karena itu, pengkaji tertarik untuk mengkaji pemahaman masyarakat mengenai fadilah pembiasaan pembacaan surah pilihan pada waktu tertentu. Pembiasaan pembacaan surah pilihan ini berlaku bagi seluruh santri yang dilaksanakan setiap selesai jama’ah sholat fardu. Adapun surah pilihan yang dibaca diantaranya surah al Wa>qi’ah yang dibaca setelah jama’ah sholat shubuh, surah Ya>si>n yang dibaca menjelang mahgrib pukul 17.00 WIB, surah al-Rahm>n yang dibaca setelah jama’ah sholat ashar, dan surah al-Mulk yang dibaca setelah jama’ah sholat isyak. Penelitian ini berfokus pada (1) pemahaman pengasuh tentang surah pilihan, (2) perilaku spiritualitas yang terbentuk dari pembiasaan pembacaan surah pilihan, (3) hubungan antara pembiasaan pembacaan surah pilihan dengan perilaku spiritualitas. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, peneliti datang langsung ke lapangan dengan menanyakan bagaimana pemahaman pengasuh tentang surah pilihan yang menjadi pembiasaan pembacaan di pondok pesantren Nurul Iman. Penelitian ini menemukan bahwa pembiasaan pembacaan surah pilihan tersebut dipahami pengasuh sebagai, al-Wa>qi’ah sebagai pelancar rezeki dan perilaku spiritualitas yang terbentuk adalah tanggung jawab dan disiplin, Ya>si>n sebagai tambahnya keridhaan pada Allah dan perilaku spiritualitas yang terbentuk adalah kreatif, al-Rahma>n sebagai tambahnya sifat kasih sayang dan perilaku spiritualitas yang terbentuk adalah pengasih, al-Mulk sebagai menjauhkan siksa kubur dan khusnul khatimah dan perilaku spiritualitas yang terbentuk adalah jujur. Hubungan pembiasaan pembacaan surah-surah pilihan dengan perilaku spiritualitasnya adalah santri merasakan ketenangan batin dan memohon keberkahan kepada Allah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Al-Quran Dan Tafsir
Depositing User: S.Ag 17301153022 Agustina Reni Mauludiyah
Date Deposited: 21 Aug 2019 03:03
Last Modified: 21 Aug 2019 03:03
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/13118

Actions (login required)

View Item View Item