PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH, PEMANFAATAN TEKNOLOGI DAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung)

YULIS WIDAYANTI, 17403153039 (2019) PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH, PEMANFAATAN TEKNOLOGI DAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah, Pemanfaatan Teknologi dan Pengendalian terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah” ini ditulis oleh Yulis Widayanti, NIM. 17403153039, pembimbing Dyah Pravitasari, S.E, M.S.A. Laporan keuangan pemerintah daerah merupakan suatu bentuk pertanggungjawaban pemerintah daerah kepada pemerintah pusat, DPR dan utamanya kepada masyarakat. Agar laporan keuangan yang dihasilkan sesuai dengan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah yakni Dapat dipahami, Relevan, Keterandalan, Dapat diperbandingkan dan Transparansi tentunya juga harus didukung oleh faktor penunjang yang dapat meningktakan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Faktor-faktor penunjang yang dapat meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah yakni penerapan sistem informais pengelolaan keuangan daerah (SIPKD), pemanfaatan teknologi, pengendalian internal dan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhinya. Maka dari itu penelitian ini mengangkat permasalahan penerapan sistem informasi pengelolaan keuangan daerah (SIPKD), pemanfaatan teknologi dan pengendalian internal, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem informais pengelolaan keuangan daerah (SIPKD), pemanfaatan teknologi dan pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Total sampling dimana pengambilan sampel yang sama dengan jumlah populasi yang ada. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 responden yaitu karyawan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung. Tahap selanjutnya, data kuesioner dianalisis dengan regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghailkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0.619 + 0.092 X1 + 0.472 X2 + 0.623 X3 Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel penerapan sistem informasi pengelolaan keuangan daerah (SIPKD), pemanfaatan teknologi dan pengendalian internal berpangaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel penerapan sistem informais pengelolaan keuangan daerah (SIPKD), pemanfaatan teknologi dan pengendalian internal berpengaruh positif signifikan secara bersama-sama terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Angka Adjusted R Square sebesar 0,650 menunjukkan bahwa 65% variasi kualitas laporan keuangan pemerintah daerah bisa dijelaskan oleh ketiga variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 35% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Penerapan SIPKD, pemanfaatan teknologi, pengendalian internal dan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Keuangan Islam
Ekonomi > Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 17403153039 YULIS WIDAYANTI
Date Deposited: 20 Aug 2019 02:05
Last Modified: 20 Aug 2019 02:05
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/13080

Actions (login required)

View Item View Item