PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA NGANJUK

Siti Khofifah, 12505174046 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA NGANJUK. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (964kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Siti Khofifah, 12505174046, 2019. Tesis dengan judul “Pengembangan Media Buku Saku dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Nganjuk”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd dan Dr. H. Kojin, MA. Kata Kunci : Pengembangan, Media Buku Saku, Pembelajaran Bahasa Arab Media buku saku merupakan media buku pelengkap, buku alternatif yang dapat digunakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Buku ini berukuran kecil yang dapat dimasukkan ke dalam saku dan praktis dibawa kemana-mana. Rumusan masalah dari penelitian dan pengembangan ini adalah bagaimana pengembangan produk media buku saku dalam pembelajaran Bahasa Arab peserta didik kelas IV di MI Nurul Huda Nganjuk. Pengembangan media ini dilakukan dengan tujuan mempermudah peserta didik dan menghasilkan produk media buku saku dalam pembelajaran bahasa Arab kelas IV di MI Nurul Huda Nganjuk. Media buku saku ini mempunyai manfaat yaitu metode mengajar akan lebih bervariasi, sehingga peserta didik tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga dalam memberikan materi pelajaran. Sedangkan kelemahan media ini adalah media buku saku dibatasi pada pokok pembahasan di semester II, dan peneliti hanya terbatas pada pertemuan ke empat pada materi alamat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE, yang terdiri dari 5 tahap utama, yaitu Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk buku saku dalam pembelajaran bahasa Arab. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV MI Nurul Huda Nganjuk yang terdiri dari 25 peserta didik. Pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan ini berupa instrumen validasi yang disebar kepada dua ahli media dan dua ahli materi pembelajaran bahasa Arab, uji coba kelompok kecil sebanyak 7 peserta didik, dan uji lapangan sebanyak 25 peserta didik kelas IV MI Nurul Huda Nganjuk. Hasil pengembangan media buku saku ini dinyatakan sangat valid/sangat layak digunakan berdasarkan analisis berikut: validasi media 89,7%, ahli materi 89,8%, uji coba kelompok kecil 92,1%, dan uji coba lapangan 94,3%. Sedangkan untuk tes hasil belajar peserta didikterdapat 25 peserta didikberhasil mencapai ketuntasan dalam belajar dan mencapai KKM 73, dengan rata-rata hasil belajar meningkat dari 69,8 menjadi 82,8. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MI Nurul Huda Nganjukdapat diambil kesimpulan bahwa media buku saku dalam pembelajaran bahasa Arab kelas sangat valid/sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505174046 Siti Khofifah
Date Deposited: 29 Aug 2019 06:07
Last Modified: 29 Aug 2019 06:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13033

Actions (login required)

View Item View Item