PENGARUH KREATIVITAS MENGAJAR GURU FIQIH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA AL-MUSLIHUUN TLOGO BLITAR

INDAH LUTFIANA, 17201153046 (2019) PENGARUH KREATIVITAS MENGAJAR GURU FIQIH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA AL-MUSLIHUUN TLOGO BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Fiqih terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Al-Muslihuun Tlogo Blitar” ini ditulis oleh Indah Lutfiana, NIM. 17201153046, Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Tulungagung, dengan dosen pembimbing Prof. H. Achmad Patoni, M. Ag. Kata Kunci : Kreativitas Mengajar, Hasil Belajar Penelitian dilakukan di MA Al-Muslihuun Tlogo Blitar yang merupakan Madrasah Aliyah yang berada di wilayah kabupaten yang terbilang cukup baik. Hal ini menunjukkan belum terbentuknya suatu kreativitas mengajar yang efektif. Pembentukan suatu kreativitas mengajar yang baik dapat di lihat dari aktivitas dan kesiapan guru mengajar pada saat di sekolah. Latar belakang tersebut yang membuat peneliti tergerak untuk mengangkat permasalahan seberapa erat pengaruh antara kreativitas mengajar guru fiqih terhadap hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: 1) Adakah pengaruh kreativitas guru dalam menggunakan metode diskusi mengajar mata pelajaran fiqih terhadap hasil belajar siswa kelas X MA Al-Muslihuun Tlogo Blitar ? 2) Adakah pengaruh kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran visual mata pelajaran fiqih terhadap hasil belajar siswa kelas X MA Al-Muslihuun Tlogo Blitar ? 3) Adakah pengaruh kreativitas guru dalam menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) mata pelajaran fiqih terhadap hasil belajar siswa kelas X MA Al Muslihuun Tlogo Blitar ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian korelasional. Jenis pengambilan sampel yang di gunakan adalah purposive sampling. Data yang di gunakan data primer yang di peroleh dari penyebaran angket dan data sekunder dari data-data dokumentasi, arsip-arsip yang menunjang penelitian dan data data lain yang relevan. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kreativitas mengajar guru fiqih terhadap hasil belajar siswa kelas X MA Al-Muslihuun Tlogo Blitar, di gunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar siswa kelas X MA Al-Muslihuun Tlogo Blitar. Dengan hasil analisis di peroleh nilai thitung > ttabelyaitu 2,647 > 1,671 dan sig sebesar 0,001 < 0,05, maka H0 di tolak dan Ha di terima, 2) Ada pengaruh media visual terhadap hasil belajar siswa kelas X MA Al-Muslihuun Tlogo Blitar.Dengan hasil analisis di peroleh nilai thitung > ttabelyaitu 4,128> 1,671 dan sig sebesar 0,003< 0,05, maka H0 di tolak dan Ha di terima, 3) Ada pengaruh model CTL terhadap hasil belajar siswa kelas X MA Al-Muslihuun Tlogo Blitar. Dengan hasil analisis di peroleh nilai thitung > ttabelyaitu 3,882 > 1,671 dan sig sebesar 0,001< 0,05, maka H0 di tolak dan Ha di terima. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat di simpulkan bahwa kreativitas mengajar mampu mempengaruhi hasil belajar siswa kelas X MA Al-Muslihuun Tlogo Blitar. Jadi, jika kreativitas mengajar tinggi maka hasil belajar juga tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153046 INDAH LUTFIANA
Date Deposited: 13 Sep 2019 01:17
Last Modified: 13 Sep 2019 01:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13032

Actions (login required)

View Item View Item