PENDIDIKAN AKHLAK MASYARAKAT MELALUI PENDEKATAN EMOSIONAL DAN PENDEKATAN SPIRITUAL (Studi Kasus di Pondok Pesulukan Thoriqot Agung)

LUKI ANDRIAN, 12506174040 (2019) PENDIDIKAN AKHLAK MASYARAKAT MELALUI PENDEKATAN EMOSIONAL DAN PENDEKATAN SPIRITUAL (Studi Kasus di Pondok Pesulukan Thoriqot Agung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (197kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pendidikan Akhlak Masyarakat Melalui Pendekatan Emosional dan Pendekatan Spiritual di Pondok Pesulukan Thoriqot Agung” ini ditulis oleh Luki Andrian dengan Pembimbing Dr.Sokip, M.Pd.I dan Dr. H Imam Junaris, M.H.I. Kata Kunci: Pendidikan Akhlak Masyarakat, Pendekatan Emosional, Pendekatan Spiritual. Penelitian dalam Tesis ini dilatar belakangi oleh fenomena semakin merosotnya moral masyarakat dalam segala usia. Tantangan yang dihadapi oleh generasi saat ini, seperti tayangan televisi yang hanya mengutamakan aspek hiburan, internet, video porno, game-game yang tidak mendidik sampai kebutuhan ekonomi yang semakin meningkat yang tidak dibarengi dengan bekal keilmuan yang tidak memadai, ditambah lagi dengan keadaan spiritualitas dan kemampuan mengolah emosi yang masih rendah, sehingga membuat mereka diperbudak oleh nafsu dan berbuat kriminal untuk memenuhi kebutuhan mereka. Tidah hanya itu semakan hilangnya rasa persaudaraan, toleransi, dan kepekaan sosial semakin memperkeruh keadaan yang semakin jauh dari tuntunan Rosulullah SAW sebagaimana yang telah dicontohkan dalam kehidupan bermasyarakat di Madinah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pendidikan akhlak masyarakat melalui pendekatan emosional di Pondok Pesulukan Thoriqot Agung?; (2) Bagaimana pendidikan akhlak masyarakat melalui pendekatan spiritual di Pondok Pesulukan Thoriqot Agung?; (3) Bagaimana implikasi pendidikan akhlak masyarakat melalui pendekatan emosional dan spiritual di Pondok Pesulukan Thoriqot Agung? Tesis ini bermanfaat bagi penulis dan pembaca untuk menambah wawasan tentang bagaimana cara melakukan manajemen emosi dan mencari kematangan spiritual agar mampu mengupgrade diri menjadi insan paripurna yang memiliki kematangan dalam menghadapi segala tantangan zaman. Hasil penelitian ini adalah Pondok Pesulukan Thoriqot Agung dalam membina para santri melalui kegiatan menata niat berbai’at, melakukan takhalli dan melakukan tahali dengan berpuasa, dawamul wudhu mengaji, berziarah, memperbanyak dzikir dan Istiqomah; (2) Pondok Pesulukan Thoriqot Agung dalam membina spiritual para santri menggunakan konseop tajalli yaitu: mengenali diri, membersihkan diri, pengembangan diridan mencapai puncak spiritual; (3) Manajemen emosional dan manajemen spiritual memberikan dampak sebagai berikut: membentuk dan memperbaiki akhlak individu, membentuk dan memperbaiki akhlak kepada Allah SWT, membentuk dan memperbaiki akhlak kepada sesama manusia, seperti sebagai tindakan preventif dan represif, membentuk rasa ukhuwah, toleransi dan kepekaan sosial.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tesis 12506174040 Luki Andrian
Date Deposited: 15 Aug 2019 08:57
Last Modified: 15 Aug 2019 08:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13005

Actions (login required)

View Item View Item